Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Menggunakan Masker pada Saat Pandemi COVID-19 di Palembang

Akhmad Al Akbar Purja, NIM. 702017062 (2021) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Masyarakat Menggunakan Masker pada Saat Pandemi COVID-19 di Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017062_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
702017062_ BAB II _SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)

Abstract

Penularan COVID-19 terjadi secara droplet yang mengandung virus SARS-CoV-2 sehingga masuk ke dalam tubuh, dapat dicegah dengan menggunakan alat pelindung diri berupa masker. Masyarakat Palembang ada yang tak menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah, dan terjaring operasi yustisi karena ketidak disiplinannya. Kejadian COVID-19 yang masih cukup tinggi di Indonesia dan juga kota Palembang, sehingga perlu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketidakpatuhan masyarakat menggunakan masker pada saat pandemi COVID-19 di Palembang. Jenis penelitian berupa observasional analitik potong lintang dengan sampling cluster random. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang tinggal di kelurahan 16 Ulu. Metode kuesioner dibagi secara daring untuk mengetahui pengetahuan, sikap, kepatuhan, kenyamanan, ketersediaan sarana, akses informasi, dan sistem pengawasan terkait ketidakpatuhan menggunakan masker. Hasil penelitian mendapati ada hubungan bermakna antara ketidakpatuhan memakai masker dengan pengetahuan (p-value 0,000), sikap (p-value 0,000), kenyamanan (p-value 0,000), ketersediaan sarana (p-value 0,000), akses informasi (p-value 0,000), dan sistem pengawasan (p-value 0,000). Diharapkan kepada tenaga kesehatan dan instansi terkait untuk dapat memberikan penyuluhan serta pengawasan kepada masyarakat pentingnya menggunakan masker pada saat pandemi untuk memutus rantai penularan COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. H. Hibsah Ridwan, M.Sc 2. dr. Ahmad Ghiffari, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan; penutup wajah; determinan; penyakit menular; epidemi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:14
Last Modified: 06 Sep 2021 02:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.