NILAI MORAL DAN PENDIDIKAN DALAM FILM AJARI AKU ISLAM DAN FILM HARI-HARI GURU JALIL KARYA DENI PUSUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Dinda Luthfiah, NIM. 312017023 (2021) NILAI MORAL DAN PENDIDIKAN DALAM FILM AJARI AKU ISLAM DAN FILM HARI-HARI GURU JALIL KARYA DENI PUSUNG SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017023_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (679kB) | Preview
[img] Text
312017023_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah nilai moral apasajakah yang terdapat dalam film Ajari Aku Islam dan Hari-hari Guru Jalil karya Deni Pusung? Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dan pendidikan dalam film Ajari Aku Islam dan Hari-hari Guru Jalil karya Deni Pusung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode Kualitatif memberikan perhatian terhadap data alamiah, data dalam hubungannya dengan konteks keberadaannya. Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian yang bersifat deskriptif pada umumnya data yang berupa kata-kata dan gambar. Hasil analisis membuktikan bahwa film Ajari Aku Islam dan Hari-hari Guru Jalil karya Deni Pusung terdapat nilai moral dan pendidikan didalamnya. Nilai moral dan Pendidikan didalam film Ajari Aku Islam dan Hari-hari Guru Jalil adalah (1) Nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan terdiri dari iman kepada Tuhan, beribadah, memohon ampun, dan bersyukur. (2) Nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri terdiri dari bijaksana, berpendirian, ikhlas (3) Nilai moral hubungan manusia dengan manusia terdiri dari menolong sesama, teguran, berprilaku adil, bijaksana, tanggung jawab, memberikan semangat, perilaku tidak sopan, prilaku adil, dan bertindak tegas (4) Nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan terdiri dari berjalan berdampingan dan suka menegur orang sekitar. Simpulan dari penelitian ini, bahwa dalam film Ajari Aku Islam dan Hari-Hari Guru Jalil karya Deni Pusung terdapat nilai moral dan pendidikan yang terkandung didalamnya. Saran yang diajukan, Film Ajari Aku Islam dan Hari-hari Guru Jalil karya Deni Pusung sangat baik untuk dibaca semua kalangan dan pencinta sastra, khususnya para remaja karena kedua film ini banyak mengandung nilai moral dan pendidikan yang baik dan mengajarkan penontonnya bagaimana bersikap sabar dan pantang menyerah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi peneliti lanjutan. Nilai moral yang terdapat dalam film Ajari Aku Islam dan Hari-hari Guru Jalil karya Deni Pusung, diharapkan dapat dimaknai dalam tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd., 2. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: nilai moral, pendidikan, film, pembelajaran.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 06:25
Last Modified: 04 Sep 2021 06:25
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17316

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.