ANALISIS RISIKO MAKANAN HALAL UNTUK MENJAMIN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA)

Dian Tri Novita Sari, NIM.152017020 (2021) ANALISIS RISIKO MAKANAN HALAL UNTUK MENJAMIN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152017020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
152017020_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak-Produk halal merupakan semua barang dan/jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimia, produk biologi, produk rekayasa genetika serta barang yang dipakai. Seperti halnya di pabrik roti “Embak Putri” saat ini belum terjamin kehalalannya karena selama ini belum memperlihatkan permasalahan tentang kebersihan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses produksi terhadap pembuatan makanan halal di pabrik roti “Embak Putri” dengan menggunakan metode Failure Mode and Effect analysis (FMEA). Metode Failure Mode and Effect analysis (FMEA) dapat mengidentifikasi, menghilangkan kesalahan, kegagalan potensial, error, cocok untuk menciptakan kahalalan pada makanan dan produk. Hasil dari penelitian ini terdapat 18 risiko yang teridentifikasi, risiko tertinggi ada pada R04 dengan Risk Priority Number (RPN) 75, didapatkan level 1 dan Rank dengan kategori Very High risikonya adalah tempat bahan baku utama disamakan dengan lantai tempat pembuatan roti sehingga menyebabkan terkontaminasikan produk dari kotoran/debu. Adapun rekomendasi mengenai permasalahan pada penyimpanan bahan baku yaitu sebaiknya bahan baku diletakkan disatu ruangan khusus seperti gudang, agar kotoran pada bahan baku tidak terkontaminasi ke adonan roti. Bisa juga menambahkan lemari khusus penyimpanan bahan baku agar terlihat lebih tertata rapi, bersih dan adonan roti tidak terkontaminasi dari kotoran/debu jadi kehalalan tetap terjaga karena kebersihan juga berpengaruh pada kehalalan produk. Kata Kunci : Makanan Halal, Kualitas Produk, Failure Mode and Effect analysis (FMEA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rurry Patradhiani, S.T., M.T 2. Merisha Hastarina. S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Makanan Halal, Kualitas Produk, Failure Mode and Effect analysis (FMEA)
Subjects: Manajemen > produksi dan industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:08
Last Modified: 06 Sep 2021 04:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17260

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.