ANALISIS PENDEKATAN MIMETIK DALAM NOVEL GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI

Ana Rahmawati, NIM. 312017002 (2021) ANALISIS PENDEKATAN MIMETIK DALAM NOVEL GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017002_BAB I DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
312017002_BAB II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Ana. 2021. Analisis Pendekatan Mimetik dalam Novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Progam Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang Pembimbing: (I) Surismiati, S.Pd., M.Pd. (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata Kunci: analisis, pendekata mimetik, novel Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apa saja pendekatan mimetik. Masalah penelitian ini adalah pendekatan mimetik apakah yang terdapat dalam novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan mimetik dalam novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan karena melalui pendekatan mimetik yang ada didalamnya dapat mengetahui bahwa karya sastra itu bukan hanya untuk hiburan tetapi untuk mengungkapkan isi pikiran penulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari. Terbit tahun 2020. Diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, dengan jumlah ketebalan 344 halaman, berwarna jingga, dengan panjang 20 cm dan lebar 13 cm. Hasil penelitian data bahwa novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari mengandung pendekatan mimetik, diantaranya: 1) Interaksi Sosial dengan Mengarah Pada Kenyataan Mimetik, 2) Kontak Kosial Yang Terjadi Dalam Kehidupan Nyata, 3) Perwujudan atau Peniruan Dari kehidupan Nyata, 4) Karya Sastra dengan Didasarkan Pada Kenyataan Kehidupan Sosial Yang Dialami, 5) Mengaitkan Karya Sastra dengan Realita Suatu Kenyataan. Kesimpulan yang terdapat dalam analisis pendekatan mimetik dalam novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari yaitu, (1) interaksi sosial dengan mengarah pada kenyataan mimetik, (2) kontak sosial yang terjadi dalam kehidupan nyata, (3) perwujudan atau peniruan dari kehidupan nyata, (4) karya sastra dengan didasarkan pada kenyataan kehidupan sosial yang dialami, (5) mengaitkan karya sastra dengan realita suatu kenyataan, karena didalam novel Ganjil Genap Karya Almira Bastari ini terdapat pendekatan mimetik yang menitik beratkan kajiannya terhadap hubungan karya sastra dengan kenyataan di luar karya sastra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Surismiati, S.Pd., M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, pendekata mimetik, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 04 Sep 2021 03:28
Last Modified: 04 Sep 2021 03:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.