Pengaruh Model Pembelajaran Blended LearningBerbasis Aplikasi Google Classroom terhadap Keterampilan Bercerita Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang

Nurul Fazriah, NIM 312017036 (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Blended LearningBerbasis Aplikasi Google Classroom terhadap Keterampilan Bercerita Teks Biografi pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi thesis, Universita Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (871kB) | Preview
[img] Text
312017036_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)

Abstract

ABSTRAK Fazriah Nurul. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Aplikasi Google Classrom Terhadap Keterampilan Bercerita Teks Biografi Peserta Didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : pengaruh, model blended learning, keterampilan, teks biografi Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keterampilan bercerita yang merupakan salah satu kemampuan berbicara yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang lain. Rendahnya tingkat keterampilan bercerita teks biografi pada peserta didik pada dasarnya disebabkan oleh dua hal yaitu faktor dari dalam peserta didik dan faktor dari luar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning berbasisaplikasi google classroom terhadap keterampilan bercerita teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang berjumlah 75 peserta didik yang terdiri dari 37 laki-laki dan 38 perempuan dengan sampel sebanyak 52 peserta didik, yaitu peserta didik kelas X.IPA 1 sebagai kelas kontrol dan X.IPA 2 sebagai kelas eksperimen, masing-masing berjumlah 26 peserta didik. Metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group desaign. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen tes lisan, angket atau kuesioner dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan,yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi google classroomterhadap keterampilan bercerita teks biografi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang. Karena terbukti bahwa thitung lebih besar dibanding ttabel yaitu 5,56≥2,00. Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan, yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi google classroomterhadap keterampilan bercerita teks biografi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 2 Palembang terbukti kebenarannya. Oleh karena itu hipotesis diterima. Penulis menyarankan agar peserta didik lebih giat belajar serta guru lebih memberikan bimbingan kepada peserta didik agar lebih memperdalam keterampilan bercerita, serta sekolah lebih banyak lagi menyediakan sarana dan prasarana dalam belajar salah satunya buku-buku pelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : 1. Dra. Hj. Sri Parwanti., M.pd 2. Supriatini., S.Pd M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengaruh, model blended learning, keterampilan, teks biografi
Subjects: Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:56
Last Modified: 03 Sep 2021 03:56
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17230

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.