Psikoanalisis Tokoh dan Penokohan Novel The Good Samaritan Karya John Marrs.

Nita Patriani, NIM. 312017014 (2021) Psikoanalisis Tokoh dan Penokohan Novel The Good Samaritan Karya John Marrs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312017014 BAB I-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
312017014 BAB II-BAB AKHIR-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)

Abstract

ABSTRAK Patriani, Nita. 2021. Psikoanalisis Tokoh dan Penokohan Novel The Good Samaritan Karya John Marrs. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Program Sarjana (SI) Pembimbing (I) Dra. Ismaiyati, M.Pd. (II)Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata Kunci: Novel, psikoanalisis tokoh penokohan Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memberikan pemahaman terhadap psikis yang terdapat dalam tokoh novel The Good Samaritan karya John Marrs dan juga bagi pembaca agar dijadikan rujukan. Oleh karena itu, peneliti memilih judul “Psikoanalisis Tokoh dan Penokohan dalam novel The Good Samaritan karya John Marrs”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah psikis tokoh dan penokohan dalam novel The Good Samaritan karya John Marrs. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan psikis tokoh dan penokohan dalam novel The Good Samaritan karya John Marrs. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel The Good Samaritan karya John Marrs. Terbitan PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI, Jakarta, cetakan pertama dengan ketebalan 392 halaman dan berukuran lebar 13,5 cm panjang 20 cm. metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, penulis memperoleh kesimpulan bahwa novel The Good Samaritan karya John Marrs terdapat 8 gejala-gejala jiwa manusia yaitu, : (1) pengamatan, (2) tanggapan, (3) berpikir, (4) perasaan, (5) kekhawatiran, (6) emosi, (7) simpati, (8) keinginan. Novel ini banyak sekali memberikan gambaran untuk para pembaca dari segi psikis para tokoh utama ataupun tokoh tambahan yang membuat novel ini semakin hidup. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai pedoman sekaligus informasi tambahan dalam melaksanakan penelitian sastra, khususnya mengenai psikis dalam cerita novel

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing:1. Dra. Ismaiyati, M.Pd. 2.Dra. Hj. liSTINI, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Novel, Psikoanalisis Tokoh penokohan
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:14
Last Modified: 08 Oct 2021 03:14
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.