ANALISIS FEMINISME DALAM NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA

DINDA MELIA, NIM. 312017041 (2021) ANALISIS FEMINISME DALAM NOVEL BIDADARI BERBISIK KARYA ASMA NADIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017041 _BAB I_DAFTAR PUSTAKA_.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
312017041 _BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

ABSTRAK Melia, Dinda. 2021. Analisis Feminisme dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (2) Dra Mulyati, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Feminisme, Novel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk feminisme dan perjuangan tokoh perempuan dalam novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia. Manfaat penelitian ini adalah (1) Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran bagi pengembangan ilmu sastra, khususnya di bidang perfilman yang mengambil cerita dari sebuah novel. (2) Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi guru dalam kegiatan proses pembelajaran apresiasi sastra dan dapat dimanfaatkan sebagai referensi bagi penelitian lain yang akan mengkaji novel Bidadari Berbisik dari sisi lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia, terbit pada Februari 2020, diterbitkan oleh Republika, dengan ketebalan 295 halaman dan berukuran 13 cm x 20 cm. Hasil penelitian disimpulkan novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia mengandung bentuk-bentuk feminisme diantaranya (1) feminisme liberal (2) feminisme sosial dan perjuangan tokoh perempuan berupa eksistensi perempuan yang terdiri dari (1) kekerasan terhadap perempuan. (2) perlawanan perempuan. (3) subordinasi perempuan. (4) perjuangan kesetaraan gender. (5) kemandirian tokoh perempuan. Saran dari hasil penelitian adalah novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia sangat bermanfaat dibaca untuk menambah pengetahuan mengenai apa saja bentuk-bentuk feminisme dan perjuangan tokoh perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Feminisme, Novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:38
Last Modified: 30 Aug 2021 04:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17102

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.