Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Teks Persuasi Kelas Vlll SMP YWKA Palembang

Husni, NIM. 312017032 (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Teks Persuasi Kelas Vlll SMP YWKA Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017032_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312017032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Husni, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Teks Persuasi Kelas Vlll SMP YWKA Palembang. Skrispi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Supriatini, SPd., M.Pd. dan Pembimbing (II) Drs. H. Refson, M.Pd. Kata kunci : Pengembangan, Powtoon, Teks Persuasi. Perkembangan teknologi pendidikan saat ini, menuntut pendidik agar dapat berinovasi dalam kegiatan belajar mengajar, pendidik dituntut untuk menggunakan media/metode yang melibatkan peserta didik secara aktif, serta menciptakan suasana yang menyenangkan, kreatif, dan interaktif sesuai dengan tahap perkembangan peserta didik. Terbatasnya media dan sumber belajar yang interaktif membuat peserta didik menjadi cepat merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis powtoon yang dapat mengembangkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran teks persuasi. Tujuan penelitia ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan pendidik dan peserta didik Bahasa Indonesia terhadap media pembelajaran, (2) mendeskripsikan rancangan pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi teks persuasi, (3) mendeskripsikan validasi media pembelajaran hasil pengembangan berbasis powtoon pada materi teks persuasi. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (reserch and development) Allesi dan Trollip. Hasil uji meliputi dua tahap yaitu uji alfa dan uji beta hasil validasi yang diperoleh dari media pembelajara mencapai 84% sedangkan validasi materi pembelajaran mencapai 86%. Hasil uji coba kelompok kecil terhadap 3 perserta didik memperoleh hasil menapai 90,6%. Maka hasil pengembangan ini menunjukan bahwa media pembelajaran berbasis powtoon pada materi teks persuasi di SMP YWKA Palembang dinyatakan valid oleh validator media dan validator materi. Serta dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Indonesia di Kelas VIII. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pendidik secara aktif melakukan pengembangan media pembelajara, peserta didik dapat termotivasi dalam pembelajaran Bahasa Indonedia, dan penelitian ini dapat menginspirasi alam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Supriatini, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 : Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Powtoon, Teks Persuasi.
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:12
Last Modified: 28 Aug 2021 03:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17086

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.