KAJIAN LINGUISTIK FORENSIK TERHADAP UJARAN BEBERAPA ARTIS INDONESIA YANG MENGANGGAP VVIRUS COVID-19 SEBATAS KONSPIRASI

TIAN SRI RAHAYU, NIM. 312017039 (2021) KAJIAN LINGUISTIK FORENSIK TERHADAP UJARAN BEBERAPA ARTIS INDONESIA YANG MENGANGGAP VVIRUS COVID-19 SEBATAS KONSPIRASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312017039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (855kB) | Preview
[img] Text
312017039_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Tian Sri. 2021. Kajian Linguistik Forensik Terhadap Ujaran Beberapa Artis Indonesia yang Menganggap Virus Covid-19 Sebatas Konspirasi. Program Sarjana (S1) Pembimbing (I) Dr. Houtman, M.Pd. (II) Drs. Refson, M.Pd. Kata Kunci: Linguistik Forensik, Tindak Tutur Penelitian ini membahas tentang ujaran beberapa artis Indonesia yang menganggap virus covid-19 sebatas konspirasi yang dikaji menggunakan pendekatan linguistik forensik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran-pelanggaran linguistik forensik pada tuturan DC bersama YL serta dr. T dan dr. G. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 2 cara yaitu studi pustaka dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil sebanyak dua puluh tuturan yang termasuk dalam kategori kejahatan bebahasa yaitu diantaranya tiga tuturan dalam bentuk menghasut, empat tuturan bentuk penghinaan, satu tuturan dalam bentuk pencemaran nama baik, enam tuturan bentuk merendahkan, dan enam tuturan dalam bentuk dugaan sementara serta ditemukan empat puluh lima tuturan yang tidak termasuk dalam kategori kejahatan berbahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Houtman, M.Pd. 2. Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Linguistik Forensik, Tindak Tutur
Subjects: Bahasa Indonesia > Linguistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:41
Last Modified: 31 Aug 2021 01:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17083

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.