HUBUNGAN FAKTOR PEKERJAAN DENGAN STRES KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN DI KOTA PALEMBANG

YUNIAR NABILLAH, NIM. 702017020 (2021) HUBUNGAN FAKTOR PEKERJAAN DENGAN STRES KERJA PADA PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (958kB) | Preview
[img] Text
702017020_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Stres kerja merupakan salah satu masalah yang sering diperhatikan oleh bidang kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Pemadam kebakaran merupakan pekerjaan utama yang menyelamatkan hidup serta memberi bantuan dalam keadaan darurat seperti bencana alam, kecelakaan dan bencana non alam. Stressor yang dihadapi pada fisik dan psikologis mereka, sehingga menjadi pemadam kebakaran merupakan pekerjaan dengan faktor risiko stres kerja yang tinggi. Menurut data pada tahun 2019 angka kebakaran di Kota Palembang cukup tinggi yaitu sebanyak 346 kasus hal ini menyebabkan beban kerja petugas pemadam kebakaran menjadi lebih tinggi. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara lingkungan kerja fisik, beban kerja dan dukungan sosial dengan stres kerja di kantor pemadam kebakaran di Kota Palembang. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah semua petugas pemadam kebakaran di Kota Palembang. Pengambilan sampel dengan metode cluster random sampling dan didapatkan 306 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Pada penelitian didapatkan hubungan antara lingkungan kerja fisik, beban kerja, dukungan sosial dengan stres kerja.berdasarkan hasil penelitian ini petugas pemadam kebakaran memiliki tingkat stres tidak stres sebanyak 199 orang (65%) dan stres sebanyak 107 orang (35%). Kemudian dari hasil analisis bivariat diperoleh faktor yang berhubungan dengan stres kerja adalah beban kerja dengan p value 0,000, dukungan sosial dengan p value 0,005 dan faktor lingkungan kerja fisik dengan p value 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Mitayani,M.Si.Med. 2. dr. Otchi Putri Wijaya
Uncontrolled Keywords: stres kerja, pemadam kebakaran, kesehatan kerja
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:17
Last Modified: 24 Aug 2021 04:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.