Hubungan Jumlah Leukosit dengan Diagnosa Apendisitis Akut di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang

AZYU SALWA SALSABILA, NIM. 702017001 (2021) Hubungan Jumlah Leukosit dengan Diagnosa Apendisitis Akut di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017001_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (740kB) | Preview
[img] Text
702017001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Azyu Salwa Salsabila Program Studi : Kedokteran Judul : Hubungan Jumlah Leukosit dengan Diagnosa Apendisitis Akut di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang Apendisitis adalah peradangan pada apendiks vermiformis dan merupakan penyakit bedah mayor yang paling sering terjadi pada setiap usia, namun paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Salah satu cara penilaian apendisitis dengan menggunakan Alvarado Score (MANTRELS), kriterianya terdiri dari migration of pain, anorexia, nausea, tendermess in right lower quadrant, rebound pain, elevated temperature, leucocytosis, dan shift of white blood cell count to the left. Dimana salah satu kriterianya adalah leukosit yang meningkat. Leukosit ini berperan penting terhadap sistem imunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jumlah leukosit dengan diagnosa apendisitis akut di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain retrospektif. Penelitian ini dilakukan di ruang rekam medis Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 44 orang. Data kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan pasien apendisitis yang mengalami leukositosis sebanyak 31 orang dan yang tidak leukositosis berjumlah 13 orang dan berdasarkan uji Chi Square diketahui nilai p-value sebesar 0,003 (p<0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara jumlah leukosit dengan diagnosa apendisitis akut. Kata kunci : Apendisitis akut, jumlah leukosit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Erwin Maulana, Sp.B 2. dr. Noor Zaki AF
Uncontrolled Keywords: Apendisitis akut, jumlah leukosit
Subjects: Pendidikan Kedokteran > pembedahan
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:15
Last Modified: 24 Aug 2021 04:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.