UJI KADAR FITOKIMIA DAUN TUMBUHAN DADAP AYAM (Erythrina variegata L.) YANG BERPOTENSI SEBAGAI OBAT

Erina Arika Aprilia, NIM. 342016015 (2021) UJI KADAR FITOKIMIA DAUN TUMBUHAN DADAP AYAM (Erythrina variegata L.) YANG BERPOTENSI SEBAGAI OBAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
342016015_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
342016015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan tanaman untuk dijadikan sebagai obat tradisional salah satunya adalah tumbuhan dadap ayam (Erythrina variegata L.). Hubungan timbal balik antara manusia dengan tumbuhan serta menyangkut pemanfaatan tumbuhan untuk kepentingan budaya dan kelestarian sumberdaya alam, tidak hanya mengenai data botani taksonomi saja, tetapi juga menyangkut pengetahuan botani yang bersifat kedaerahan berupa interpretasi dan asosiasi inilah yang disebut etnobotani. Etnobotani adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan tumbuhan. Etnobotani merupakan studi terkait pengetahuan masyarakat lokal tentang botani. Ilmu etnobotani berkisar pada pemanfaatan tumbuhan obat-obatan oleh orang-orang di sekitarnya, yang pada aplikasinya mampu meningkatkan daya hidup manusia. Salah satu tumbuhan yang dijadikan sebagai obat adalah tumbuhan dadap ayam. Tumbuhan dadap ayam adalah tumbuhan yang memiliki fungsi sebagai anti mikroba, anti inflamasi, anti piretik, serta anti malaria. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kadar fitokimia pada daun tumbuhan dadap ayam sehingga dapat dijadikan sebagai obat. Metode rancangan percobaan menggunakan desain non eksperimen, dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada daun dadap ayam menghasilkan kelima senyawa yaitu alkaloid 15,35 %, flavonoid 3,501 %, saponin 6,67 %, steroid 3,11 % dan tanin 0,14 %. Daun pada tumbuhan dadap ayam berfungsi sebagai obat antibakteri, antimalaria, antiradang, antioksidan, pelancar ASI dan mencegah keguguran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Yetty Hastiana., M.Si. 2. Hendra., S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Etnobotani, Fitokimia, Ekstrak Tumbuhan Dadap Ayam (Erythrina variegata L.) dan Tanaman Obat
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Aug 2021 07:57
Last Modified: 11 Aug 2021 07:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17026

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.