Analisis Uji Kadar Fitokimia Tumbuhan Ekor Kucing (Acalypha hispida Burm. f.) Sebagai Tanaman Obat dalam Kajian Etnobotani

Negi, NIM. 342016014 (2021) Analisis Uji Kadar Fitokimia Tumbuhan Ekor Kucing (Acalypha hispida Burm. f.) Sebagai Tanaman Obat dalam Kajian Etnobotani. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
342016014_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanaman ekor kucing (Acalypha hispida Burm. f.) berpotensi sebagai tanaman obat karena menghasilkan senyawa kimia saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid yang berguna dalam dunia kesehatan, antara lain digunakan untuk pengobatan dalam mempercepat penyembuhan luka, vitilligo, disentri, batuk darah, luka darah, sariawan, antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Pemanfaatan tanaman ekor kucing (Acalypha hispida Burm. f.) sebagai tanaman obat tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas. Masyarakat hanya mengetahui tanaman ini sebagai tanaman hias saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kadar metabolit sekunder yang ada pada daun ekor kucing yang dipercaya berkhasiat sebagai tanaman obat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian uji kadar pada daun ekor kucing menghasilkan kadar metabolit sekunder yang bervariasi. Rata-rata kadar pada senyawa tanin sebesar 0,29%, flavonoid sebesar 4,29%, saponin sebesar 9,65%, dan alkaloid sebesar 34,49%. Hal ini tidak terlepas dari adanya penyusun tubuh tumbuhan seperti sel, jaringan, dan organ tumbuhan serta tempat biosintesis dan akumulasi/penimbunan senyawa metabolit tersebut berada. Faktor yang mempengaruhi kandungan kimia suatu tumbuhan juga dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Yetty Hastiana, M.Si 2. Sapta Handaiyani, S.Pd. M.Si.
Uncontrolled Keywords: Fitokimia, tanaman ekor kucing (Acalypha hispida Burm. f.), tanaman obat.
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Aug 2021 07:15
Last Modified: 11 Aug 2021 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17021

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.