Hubungan Kekerabatan Fenetik Famili Solanaceae Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi

RINI MELINDA, NIM. 342016036 (2021) Hubungan Kekerabatan Fenetik Famili Solanaceae Berdasarkan Ciri Morfologi dan Anatomi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (986kB) | Preview
[img] Text
342016036_BAB II_SAMPAI_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Karakteristik yang dimiliki oleh tumbuhan akan berpengaruh pada tingkat keanekaragaman hayati tumbuhan. Karakteristik pada tumbuhan yang dapat dilihat dari dari morfologi dan anatomi akan menentukan kekerabatan dari suatu makhluk hidup. Kekerabatan merupakan hubungan antara satu spesies dengan spesies lainnya yang mempunyai derajat kesamaan berdasarkan sifat atau ciri tertentu dari masing-masing kelompok tumbuhan. Kekerabatan fenetik didasarkan pada persamaan sifat-sifat atau karakter yang dimiliki masing-masing kelompok tumbuhan tanpa memperhatikan sejarah keturunannya, fenetik ini dijabarkan sebagai hubungan yang disusun oleh seluruh similaritas (kesamaan). Dalam penelitian ini mengkaji tentang hubungan kekerabatan fenetik berdasarkan morfologi dan anatomi pada famili solanaceae, antara lain tekokak (Solanum torvum Swartz.), ciplukan (Physalis angulate L.) dan tomat (Solanum lycopersicum L.). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kekerabatan fenetik famili solanaceae berdasarkan ciri morfologi dan anatomi. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan nilai indeks similaritas (IS) menunjukkan bahwa tumbuhan tekokak dan tomat memiliki hubungan kekerabatan sangat dekat dengan nilai IS 0,79 dan nilai ID 21. Selanjutnya tumbuhan yang memiliki kekerabatan dekat adalah kombinasi pertama spesies ciplukan dan tekokak yang memiliki nilai IS 0,69 dan nilai ID 31. Kombinasi kedua ciplukan dan tomat, hal ini dikarenakan kombinasi spesies ini memiliki nilai IS 0,65 dan nilai ID 35.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr.Yetty Hastiana, M.Si. 2. Sapta Handaiyani, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Anatomi, Morfologi, Kekerabatan Fenetik, Famili Solanaceae
Subjects: Biologi > Anatomi dan Morfologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Aug 2021 07:29
Last Modified: 11 Aug 2021 07:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17018

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.