EVALUASI SOLAR CHARGE CONTROLLER MELALUI PENAMBAHAN KAPASITAS BATERAI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAR BADAK

IKHSAN ALFARIDZI, NIM. 132016136 (2021) EVALUASI SOLAR CHARGE CONTROLLER MELALUI PENAMBAHAN KAPASITAS BATERAI PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAR BADAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132016136_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
132016136_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan sistem pembangkit daya listrik berdasarkan efek fotolistrik yang dipicu oleh panjang gelombang surya melalui panel sel surya. Teknologi energi surya yang terjangkau, tidak habis, dan bersih akan memberikan keuntungan jangka panjang yang besar. Penelitian ini dititik beratkan pada evaluasi SCC yang terkait dengan penambahan kapasitas baterai. Turunan kajian penelitian mengarah pada seluruh parameter untuk kedua komponen tersebut. Adapun tujuan Penelitian ini adalah Meng-Evaluasi Solar Charge Controller melalui Penambahan Kapasitas Baterai pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Atar Badak. Batasan masalah penelitihan ini hanya membahas Komponen dan Evaluasi Solar Charge Controller melalui Penambahan kapasitaas Baterai pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya atar badak. Metode penelitian ini dilihat dari diagram fishbone, diagram skema dan dilakukan pengukuran data. Hasil penelitian dari pengambilan data arus dan tegangan mendapatkan hasil analisis berupa perhitungan daya masukan baterai dan daya masukan inverter .dilakukan pengujian berbeban mendapatkan daya tertinggi keluaran Solar Charge Controller sebesar 36,99 Watt pada jam 12.30 dan daya terendah sebesar 29,92 Watt pada jam 12.00. Daya tertinggi masukan baterai sebesar 36,99 Watt pada jam 12.30 dan daya terendah sebesar 29,92 Watt pada jam 12.00 sedangkan daya tertinggi masukan inverter sebesar 70,8 Watt pada jam 16.00 dan daya terendah sebesar 16,66 Watt pada jam 10.30. Kata kunci : Panel sel surya, Solar Charge Controller, Baterai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sofiah, S.T., M.T. 2. Erliza Yuniarti, S.T.,M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Panel sel surya, Solar Charge Controller, Baterai
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:44
Last Modified: 14 Jul 2021 04:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16970

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.