ANALISIS PENERAPAN KONSEP KESEIMBANGAN LINI DENGAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) PADA SISTEM PRODUKSI UKM BATIK JUMPUTAN GALERI WONG KITO

HARDIAN YUSUP BAYU, NIM.152016022 (2020) ANALISIS PENERAPAN KONSEP KESEIMBANGAN LINI DENGAN METODE RANKED POSITIONAL WEIGHT (RPW) PADA SISTEM PRODUKSI UKM BATIK JUMPUTAN GALERI WONG KITO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016022_BAB_I_DAFTAR_PUSTAKA-1[1].pdf

Download (951kB) | Preview
[img] Text
152016022_BAB_II_SAMPAI_BAB_TERAKHIR[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Galeri Wong Kito merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dalam produksi kain batik jumputan yang memiliki corak khas penggunaan bahan utama limbah daun gambir dalam proses pewarnaan produknya. Adanya stasiun kerja yang sibuk dan waktu menganggur, lalu waktu tunggu yang tinggi dan operator yang menganggur karena beban kerja yang tidak teratur, maka konsep keseimbangan lini perlu dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jumlah stasiun kerja yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif data, dengan teknik pengumpulan datanya adalah dengan penelitian lapangan (field research), dan observasi. Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan dalam perhitungan ranked positional weight ini diketahui dalam proses produksi kain batik jumputan pewarnaan alam dapat diketahui proses operasi terlambat adalah operasi C sebesar 85 menit. Kemudian 1 lintasan produksi menghasilkan 480 lembar kain pertahun dengan rata-rata produksi 40 lembar kain perbulan. Hasil perhitungan tingkat efisiensi lini menggunakan metode Ranked Positional Weight yaitu sebesar 92,64% menyatakan bahwa rasio dalam melakukan rangkaian operasi produksi berjalan dengan baik, kemudian hasil yang didapat dari Balance Delay ialah sebesar 7,36% menyatakan bahwa proses produksi memiliki ketidaksamarataan antar stasiun kerja sedangkan dalam Smoothness Index hasilnya sebesar 18,30 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Achmad Alfian, S.T.,M.T 2.Merisha Hastarina, S.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Batik Jumputan, Keseimbangan Lini, Metode Bobot Posisi
Subjects: Industri > Tekstil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 14 Jul 2021 03:49
Last Modified: 14 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16968

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.