Anisis Potendi Biodiversitas Pada Lahan Reklamasi Pasca Tambang Batu Bara di Tahun Tanam Yang Berbeda

Arez, NIM. 452016011 (2021) Anisis Potendi Biodiversitas Pada Lahan Reklamasi Pasca Tambang Batu Bara di Tahun Tanam Yang Berbeda. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452016011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA...pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
452016011_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat keanekaragaman jenis vegetasi di lahan reklamasi pasca tambang batu bara tahun tanam 2009, 2012, 2015 dan untuk menganalisis potensi kelimpahan satwa di lahan reklamasi pasca tambang batu bara PT Bukit Asam (pesero) Tbk. Identifikasi dan pengukuran parameter vegetasi dengan menggunakan metode jalur atau transek. Tiga (3) jalur atau transek dibuat pada masing-masing areal bekas tambang. Masing-masing jalur transek memiliki panjang 100m, dan didalamnya dibuat 4 (empat) petak pengamatan yang berukuran 20m x 20m. Dalam pengamatan satwa liar dilakukan dengan metode pengamatan cepat (rapid assessment)dan menggunakan perhitungan kelimpahan satwa. Nilai indeks keanekaragaman jenis vegetasi tahun tanam 2009 pada tipe tebal relatif rendah yaitu pada tingkat tumbuhan bawah, semai dan pancang, pada tingkat tiang dan pohon di golongkan sedang dengan nilai 1,65. Pada tipe jarang relatif rendah, hanya pada tinggkat semai di golongkan sedang dengan nilai keanekaragaman 1,52. Nilai indeks keanekaragaman jenis vegetasi tahun tanam 2012 pada tipe tebal relatif rendah hanya pada tingkat tiang di golongkan sedang dengan nilai 1,66. Pada tipe jarang relatif rendah hanya tingkat tumbuhan bawah, semai dan pancang yang dapat di hitung dengan nilai keanekaragaman tertinggi 1,55. Nilai indeks keanekaragaman jenis vegetasi pada tahun tanam 2015 pada tipe tebal maupun jarang relatif rendah bahkan pada tipe jarang tingkat semai tidak di temukan jenis apapun, tingkat tiang dan pohon hanya terdapat satu jenis, dengan nilai indeks keanekaragaman tertinggi 1,04. Potensi kelimpahan tingkat satwa di lahan reklamasi tambang batu bara PT. Bukit Asam (Persero) Tbk hasil pengamatan menunjukan jenis aves paling banyak di temuikan yaitu dengan jumlah 12 jenis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Ir. Lulu Yuningsih S.Hut,. M.Si,.IPU 2. Delfy Lensari S.Hut,. M.Si
Uncontrolled Keywords: Vegetasi, Pasca Tambang, Reklamasi, Biodiversitas
Subjects: Kehutanan > Konservasi Sumber Daya Alam
Kehutanan > ekologi hutan
Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 12 Jul 2021 01:43
Last Modified: 12 Jul 2021 01:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.