PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP WARGA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Kasus di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir)

MUHAMMAD SAEFUDIN, NIM. 91219003 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP WARGA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Kasus di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91219003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
91219003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP WARGA DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA (Studi Kasus di Desa Lubuk Seberuk Kecamata Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir) Oleh MUHAMMAD SAEFUDIN Latar belakang dalam penelitian ini adalah perlindungan hukum bagi setiap warga negara merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh suatu negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap warga dalam pemilihan Kepala Desa di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)?; 2) Apakah yang menjadi kendala-kendala pemberian perlindungan hukum warga pada saat pemilihan kepala Desa di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perlindungan Hukum terhadap warga dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kab. Ogan Komering Ilir (OKI) secara preventi belum terlaksana karena masih ada sebagaian warga yang tidak diberi kesempatan untuk menyalurkan hak pilih/memilih dalam Pemilihan Kepala Desa dan secara represif juga belum ada kepastian hukum terkait penyelesaian maslaah ini yang belum sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan terkait. 2) Kendala-kendala Pemberian Perlindungan Hukum Warga pada Saat Pemilihan Kepala Desa di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir yaitu Faktor internal meliputi Konflik anatar warga, Konflik antar calon kepala desa, Terhambatnya proses pelaksanaan Pemilihan kepala desa dari jadwal yang telah ditetapkan, Terhambatnya pelayanan bagi warga dan Faktor eksternal meliputi Adanya aturan dari warga asli desa bahwa bagi warga yang berada atau tinggal di tutupan dan bukan bermukim di wilayah asli desa tidak memiliki hak memilih dalam Pemilihan kepala desa. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Warga, Pemilihan Kepala Desa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing, 1. Prof. Dr. Drs. H. Marshaal NG, SH., MH. 2. Dr. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Warga, Pemilihan Kepala Desa
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:01
Last Modified: 08 Oct 2021 03:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16949

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.