DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMALSUAN IJAZAH DI PENGADILAN NEGERI KELAS 1 A PALEMBANG

NANDA ABDURRAHMAN, NIM. 502017101 (2021) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMALSUAN IJAZAH DI PENGADILAN NEGERI KELAS 1 A PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017101_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017101_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK DASAR PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMALSUAN IJAZAH DI PENGADILAN NEGERI KELAS 1 A PALEMBANG Oleh Nanda Abdurrahman Pemalsuan adalah proses pembuatan, beradaptasi, meniru benda atau dokumen-dokumen, dengan maksud untuk menipu. Kejahatan mengenai pemalsuan atau disingkat kejahatan pemalsuan adalah berupa kejahatan yang di dalamnya mengandung unsur keadaan ketidakbenaran atas sesuatu (objek), yang sesuatunya itu tampak dari luar seolah-olah benar adanya padahal sesungguhnya bertentangan dengan yang sebenarnya, yang menjadi permasalahan adalah Apa pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan ijazah di Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang dan Apa hambatan yang dihadapi oleh hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan ijazah di Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang Selaras dengan tujuan penelitian, maka penelitian terhadap permasalahan di atas adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Studi Kepustakaan (Library Research) Untuk memperoleh data sekunder dilakukan penelitian terhadap bahan hukum primer yang ada kaitannya dengan permasalahan dan Studi Lapangan (Field Research) Dalam upaya memperoleh data primer, dilakukan dengan wawancara dengan pihak yang terkait dengan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini, yaitu dengan Hakim Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang. Pengolahan data dilakukan dengan cara menganalisis data primer maupun data sekunder, untuk memberikan penjelasan atau gambaran mengenai data yang berkenaan dengan penulisan skripsi ini, kemudian diuraikan secara sistematis sehingga menjawab secara keseluruhan permasalahan lalu dikonstruksikan dalam satu kesimpulan di antaranya Pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak Pidana pemalsuan ijazah di Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus Palembang adalah Pertimbangan yang bersifat yuridis: 1. Dakwaan jaksa penuntut umum, 2. Keterangan terdakwa, 3. Keterangan saksi, 4. Barang-barang bukti, 5.Pasal-pasal peraturan hukum pidana dan Pertimbangan yang bersifat non yuridis: 1. Latar belakang perbuatan terdakwa, 2.Akibat perbuatan terdakwa, 3.Kondisi diri terdakwa. Dan Hambatan yang dihadapi oleh Hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap tindak Pidana pemalsuan ijazah di Pengadilan Negeri Kelas I A Palembang adalah: l. Gangguan di muka atau di dalam ruang pengadilan, 2. Perbuatan-perbuatan yang mempengaruhi proses peradilan yang tidak memihak, perbuatan-perbuatan ini terjadi di luar pengadilan, 3. Pelanggaran yang dilakukan oleh Advokat. Kata Kunci: Pemalsuan, Hambatan dan Hakim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Edy Kastro, S.H., M.Hum pembimbing 2 : Hj. Susiana Kifli, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pemalsuan, Hambatan dan Hakim
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 13 Jul 2021 03:30
Last Modified: 13 Jul 2021 03:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.