KARAKTERISTIK FISIK KIMIA TANAH LAHAN PASCA TAMBANG BATUBARA PADA UMUR REVEGETASI 5 TAHUN DAN 10 TAHUN

MUKSIN YUDHEA MUTIARA, NIM. 452016007 (2021) KARAKTERISTIK FISIK KIMIA TANAH LAHAN PASCA TAMBANG BATUBARA PADA UMUR REVEGETASI 5 TAHUN DAN 10 TAHUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452016007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (749kB) | Preview
[img] Text
452016007_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Revegetasi di Lahan pasca tambang mempengaruhi perkembangan tanah, dilihat dari sifat fisik dan sifat kimia tanahnya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa karakteristik fisik kimia tanah di Lahan pasca tambang batubara pada umur revegetasi 5 Tahun dan 10 Tahun, analisa tanah dilihat berdasarkan tutupan lahan yang berbeda. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif yang nantinya akan menghasilkan data berupa data primer dan data sekunder. Kegiatan revegetasi ini akan menyebabkan perubahan-perubahan tanah, terutama pada lapisan atasnya. Pada umur revegetasi 10 Tahun terdapat 3 tipe tutupan lahan (terbuka, jarang dan tebal). Sedangkan pada tahun tanam 2015 terdapat 2 jenis tutupan lahan (jarang dan tebal). Hasil analisis sifat fisik dan sifat kimia tanah pada revegetasi umur 10 tahun dan 5 tahun menghasilkan warna yang paling gelap pada jenis tutupan lahan tebal (2015) yang didominasi tanaman Sengon Buto (Enterolobium cyclocarpum), dengan tanah bertekstur lempung berliat dengan permeabilitas rata-rata sangat lambat, kadar pH tanah masam berkisar diantara 3 – 6. Nilai C – Organik, N,P,K dan KTK tanah pada karakteristik tanah pasca tambang di tahun tanam 2010 dan tahun 2015 ini memiliki hasil beragam dan tidak dengan nilai stabil. Hal ini disebabkan oleh pengaruh pemupukan, intensitas datangnya hujan, pengapuran dan juga karena adanya pencampuran pada saat terjadinya penimbunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Lulu Yuningsih, S.Hut., M. Si IPU 2. Sasua Hustati Syachroni, S.P., M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Fisik Kimia Tanah, Karakteristik Tanah, Revegetasi.
Subjects: Kehutanan > Konservasi Tanah dan Air
Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Kehutanan > ilmu tanah
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 08 Oct 2021 03:03
Last Modified: 08 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16885

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.