ALASAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN BEBAS TERHADAP PEMBUNUHAN ( Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 113/PK/PID/2009 )

Muhammad Syafiq, NIM. 91216043 (2018) ALASAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN BEBAS TERHADAP PEMBUNUHAN ( Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 113/PK/PID/2009 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
91216043_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
91216043_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ALASAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN PUTUSAN BEBAS TERHADAP PEMBUNUHAN ( Studi Kasus Putusan Perkara Nomor 113/PK/PID/2009 ) Terdakwa atau penuntut umum dapat menjatuhkan permintaan pemerikasaan kasasi kepada Mahkamah Agung kecuali terhadap putusan bebas”. Artinya untuk putusan bebas tidak dapat diajukan upaya hukum apapun, Namun dalam praktek di lapangan, terhadap putusan bebas tetap saja jaksa penuntut umum melakukan upaya hukum yaitu upaya hukum biasa berupa kasasi. Hal ini tentu bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang- undangan. Permasalahan dalam tesis ini adalah Bagaimana analisis hukum terhadap Alasan hakim Dalam Menjatuhkan Putusan bebas dalam putusan Nomor 113 PK/PID/2009 ? Dan Apa Upaya Hukum yang dapat dilakukan oleh jaksa penuntut umum dalam menjatuhkan putusan bebas di perkara nomor 113 PK/PID/2009 ? Berdasarkan tujuan penelitian hukum, maka metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian Yuridis Normatif, yaitu penelitian yang menekan kan pada penggunaan norma – norma hukum secara tertulis serta peraturan perundang-undangan yang di jalankan oleh aparatur penegak hukum di lapangan atau di masyarakat, Sehimgga di peroleh Kesimpulan : Dengan dikabulkannya permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum oleh Mahkamah Agung terhadap putusan bebas tersebut berarti Jaksa Penuntut Umum telah berhasil mengembalikan porsi keadilan distributif, yakni adanya pendistribusian hak secara proporsional bagi semua pihak pencari keadilan, sehingga dalam kasus ini dapat dirasakan terwujudnya asas persamaan di muka hukum, baik terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum sebagai wakil negara, wakil insan pencari keadilan tampak mendapat kesempatan atau porsi yang sama dalam memperjuangkan haknya untuk memperoleh keadilan. Kata Kunci : Alasana Hakim, Putusan Bebas, Kasasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Prof. Dr. Drs. H. Marshaal NG, S.H., M.H. 2. Dr. Marsudi Utoyo, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Alasana Hakim, Putusan Bebas, Kasasi.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: PPS Hukum (S2)
Depositing User: Mahasiswa Program Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:01
Last Modified: 08 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.