PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANGHAK ATAS TANAH TERHADAP PEMBERLAKUAN RECHTVERWERKING

GENARO HERMANSYAH SILAEN, NIM. 502017147 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANGHAK ATAS TANAH TERHADAP PEMBERLAKUAN RECHTVERWERKING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017147_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017147_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Perlindungan hukum adalah segala upaya yang dilakukan penegakhukum untuk melindungi hak-hak dari subjek hukum agar hak-hak tersebut tidak dilanggar dimana, penegakan hukum ini dijalankan sebagai upaya untuk menjalankan ketentuan hukum yang berlaku, Sedangkan Rechtsverwerking adalah lampaunya waktu menyebabkan orang menjadi kehilangan haknya atas tanah yang semula dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perlindungan hukum bagi pemegang hak atas tanah terhadap pemberlakuan rechtswerking dan kendala apa yang terjadi dalam pemberlakuan rechtswerking. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara penelitian kepustakaan yaitu melakukan pengkajian terhadap data sekunder berupa bahan hukum primer (peraturan perundang-undangan), bahan hukum sekunder (literatur,laporan hasil penelitian, makalah, karya ilmiah yang dimuat dalam majalah ilmia), Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan penulis bahwa perlindungan hukum yang diberikan terhadap pemberlakuan rechtswerking atau pelepasan hak belum sepenuhnya merealisasikan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria dan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendftaran Tanah, sehingga banyak tanah yang masih tumpeng tindih hak penguasaannya. Banyak tanah-tanah yang hanya digarap tanpa adanya surat-surat yang berkekuatan hukum yang bisa menjamin tanah tesebut. Pihak yang menggarap tanah hanya berpegang pada kepercayaan pada orang-orang terdahulunya yang telah memberi tanah tersebut kepada mereka dan menggarapnya dengan itikad baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. H.Abdul Hamid Usman, SH., M.Hum 2. Koesrin Nawawie A., SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Rechtverwerking, Hak Atas Tanah
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:06
Last Modified: 06 Jul 2021 07:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.