PERANCANGAN ALAT PENGUPAS SERABUT KELAPA SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS DESA SUMBER HARAPAN BELITANG II)

DWI SANTOSO, NIM. 152016020 (2021) PERANCANGAN ALAT PENGUPAS SERABUT KELAPA SEDERHANA MENGGUNAKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (STUDI KASUS DESA SUMBER HARAPAN BELITANG II). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
152016020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152016020_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak – Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan dibidang perkebunan kelapa. Petani kelapa sebelum menjual hasil kepasar, petani biasanya memisahkan serabut kelapa dari tempurung kelapa. Proses pemisahan serabut kelapa selama ini dilakukan dengan cara konvensional menggunakan besi yang ujungnya dipipihkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perancangan alat pengupas serabut kelapa sederhana dengan metode Quality Funtion Deployment (QFD). Dari hasil penelitian diketahui bahwa cara saat ini dalam mengupas serabut kelapa yang dilakukan dengan besi ulir yang hanya mempunyai satu mata pisau pada ujungnya memakan waktu rata-rata 1.33 menit dalam sekali proses pengupasan buah kelapa, sedangkan dengan alat baru yang dirancang memakan waktu 1,14 menit. Hasil penelitian dengan metode QFD didapatkan hasil rancangan alat dengan nilai tertinggi alat tahan lama, aman digunakan, dan alat portable, alat tahan karat mudah untuk diperbaiki, waktu pengoperasian relatif cepat masing- masing sebesar 1.44. Kata Kunci : desain produk, pengupasan serabut kelapa, QFD, rancang alat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Merisha Hastarina,S.T., M.Eng. 2. Masayu Rosyidah,S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: desain produk, pengupasan serabut kelapa, QFD, rancang alat.
Subjects: Industri > Alat-alat Rumah Tangga
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:13
Last Modified: 06 Jul 2021 06:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16845

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.