Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Dakwah Pengajaran Al-Qur'an Terhadap Siswa (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) al-Ahya Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang)

Rusdiana Ningsih, NIM. 612017008 (2021) Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Dakwah Pengajaran Al-Qur'an Terhadap Siswa (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) al-Ahya Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I _ DAFTAR PUSTAKA_612017008_RUSDIANA NINGSIH.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text
BAB II_SAMPAI TERAKHIR_612017008_RUSDIANA NINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada “Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Dakwah Pengajaran Al-Qur’an Terhadap Siswa (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) al-Ahya kelurahan Sukajaya kecamatan Sukarami, Palembang)”. Proses pembelajaran di Indonesia masih sangat dipengaruhi oleh metode konvensional dimana guru menjadi titik paling sentral dalam kelas, melalui metode ceramah setiap siswa dituntut memperhatikan setiap yang disampaikan oleh guru sehingga dalam proses belajar mengajar siswa hanya menjadi pendengar pasif. Kondisi tersebut telah mempengaruhi gaya belajar siswa yang terkesan tertutup dan kurang begitu peka dalam merespon situasi sekitarnya. Padahal mereka hidup dalam masyarakat yang membutuhkan solusi atas permasalahan yang di hadapi bukan hanya sekedar bermain main dengan konsep atau menghafal. Metode pengajaran yang baik adalah metode yang mampu mengantarkan siswa dalam berbagai macam kegiatan, dalam hal ini siswa harus diberi kesempatan untuk melatih kemampuannya, misalnya menyelesaikan tugas-tugas dan latihan-latihan yang diberikan oleh guru. Apabila keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas dan latihan dilakukan secara sering dan teratur, maka dimungkinkan siswa tersebut hasil belajarnya akan lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang tidak mau mengerjakan tugas yang diberikan. Penelitian ini penting agar siswa dapat mengasah kemampuan yang dimiliki dengan menggunakan metode drill. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian yang berdasarkan pada filsafat pospositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel jumlah data purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif / kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Kata Kunci : Metode Drill, Komunikasi Penyiaran Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ayu Munawaroh, S.Ag.,M.Hum 2. Achmad Tasmi, S.Sos.I.,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Metode drill, Komunikasi Penyiaran Islam
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 06 Jul 2021 07:00
Last Modified: 06 Jul 2021 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16841

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.