PENERAPAN SANKSI PIDANA OLEH HAKIM DI PENGADILAN NEGERI KELAS IA PALEMBANG TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA

REZA JANUAR, 502017073 (2021) PENERAPAN SANKSI PIDANA OLEH HAKIM DI PENGADILAN NEGERI KELAS IA PALEMBANG TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (935kB) | Preview
[img] Text
502017073_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPANSANKSIPIDANAOLEHHAKIMDIPENGADILANNEGERI KLAS IA PALEMBANG TERHADAP PELAKU TINDAKPIDANA KEKERASANDALAMRUMAH TANGGA Oleh REZAJANUAR KekerasanDalamRumahTanggaadalahsetiapperbuatanterhadapseseorangterutamaperempuan,yangberakibattimbulnyakesengsaraanataupenderitaanfisik,seksual,psikologis,dan/ataupenelataranrumahtanggatermasukancamanuntukmelakukanperbuatan,pemaksaan,atauperampasankemerdekaansecaramelawan hukum dalamlingkup rumah tangga. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah pembuktianunsur-unsur Kekerasan DalamRumah Tangga oleh hakim di Pengadilan Negeriklas I A Palembang? Dan Bagaimanakah penerapan sanksi pidana oleh hakim diPengadilan Negeri klas I A Palembang terhadap pelaku tindak pidana KekerasanDalamRumah Tangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukumsosiologisyangbersifatdeskriptif. Sejalan dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakandi atas, dapat disimpulkan bahwa Pembuktianunsur-unsur Kekerasan DalamRumah Tangga oleh hakim di Pengadilan Negeri klas I A Palembang, antara lain :Unsur-unsurPasalyangdidakwakanolehJaksaPenuntutUmum;Selamapemeriksaan persidangan Majelis tidak menemukan adanya hal-hal atau keadaanyangdapatdijadikandasarsebagaialasanpemaafataupembenaruntukmenghilangkansifatperbuatanmelawanhukumdariterdakwamakaMajelisberkeyakinanterdakwatelahterbuktibersalahmelakukantindakpidanasebagaimana yang didakwakan oleh Penuntut Umum; Penerapan sanksi pidanaoleh hakim di Pengadilan Negeri klasI A Palembang terhadap pelaku tindakpidana Kekerasan DalamRumah Tangga, majelis hakim menjatuhkan putusanberdasarkan Bagaimana perbuatan dilakukan terdakwa, sikap terdakwa, kesalahandanrasapenyesalan terdakwasertamempertimbangkankeluargaitusendiri. Kata Kunci:SanksiPidana,Pelaku,KekerasranDalamRumahtangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Mulyadi Tanzili, SH., MH 2. Atika Ismail, SH., MH
Uncontrolled Keywords: SANKSI PIDANA TERHADAP KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 01 Jul 2021 02:37
Last Modified: 01 Jul 2021 02:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16826

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.