PENYELESAIAN SENGKETA TERHADAP KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH ANTARA PEMILIK TANAH DENGAN PEMILIK BANGUNAN YANG MENUMPANG DI KOTA SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN

RIZKI AULIA RAHMAN, NIM.502017226 (2021) PENYELESAIAN SENGKETA TERHADAP KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH ANTARA PEMILIK TANAH DENGAN PEMILIK BANGUNAN YANG MENUMPANG DI KOTA SEKAYU KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017226_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017226_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

ABSTRAK Penyelesaian Sengketa Terhadap Kepemilikan Hak Atas Tanah Antara Pemilik Tanah Dengan Pemilik Bangunan Yang Menumpang Di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Rizki Aulia Rahman Tanah merupakan sumber kehidupan bagi makhluk hidup baik manusia, hewan, atau tumbuh-tumbuhan. Manusia hidup dan tinggal diatas tanah dan memanfaatkan tanah untuk sumber kehidupan dengan menanam tumbuh-tumbuhan yang menghasilkan makanan. Jenis penelitian ini tergolong penelitian hukum sosiologis, yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan penyelesaian sengketa antara pemilik tanah dengan pemilik bangunan yang menumpang di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin dan yang menjadi kendala dalam penyelesaian sengketa antara pemilik tanah dengan pemilik bangunan yang menumpang di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin, sehingga tidak menguji hipotesa. Sehubungan dengan itu, maka jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data primer. Pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah melalui penelitian kepustakaan (library research) dan Penelitian Lapangan (Field Research) untuk mendapatkan teori-teori dan informasi-informasi serta pemikiran konseptual dari penelitian ini. Penyelesaian sengketa terhadap kepemilikan hak atas antara pemilik tanah dengan pemilk bangunan yang menumpang di kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Sengketa biasanya bermula dari suatu situasi dimana ada pihak yang merasa dirugikan oleh pihak lain. Kejadian ini dapat dialami oleh perorangan maupun kelompok. Perasaan tidak puas akan muncul kepermukaan apabila terjadi konflik. Penyelesaian Sengketa ini dapat dilakukan dengan cara : musyawarah dan sidang acara perdata di dalam pengadilan. Kendala Dalam Penyelesaian Sengketa Antara Pemilik Tanah Dengan Pemilik Bangunan Yang Menumpang Di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Tanah merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat indonesia banyaknya masyarakat yang mengantungkan hidupnya sehari-hari pada tanah. Yang menjadi kendala utama dalam penyelesaian sengketa ini adalah masih banyak masyarakat yang buta hukum terhadap kekuatan sertifikat tanah. Agar sengketa tanah ini tidak banyak terulang kembali hendaknya masyarakat sadar akan pentingnya sertifikat tanah tersebut dan kepada instansi yang terkait lebih memberikan himbauan ke masyarakat agar tidak terjadi konflik/sengketa antar masyarakat. Kata Kunci: Penyelesaian Sengketa, Pemilik Tanah, Pemilik Bangunan, Hak Menumpang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembimbing I :H. Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum pembimbing II : M. Soleh Idrus, S.H., M.S
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Adat
Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:27
Last Modified: 30 Jun 2021 06:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16824

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.