ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA BUKIT BESAK DI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN MERAPI SELATAN KABUPATEN LAHAT

MAULANA IBRAHIM YUSUF, NIM. 452016014 (2021) ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN EKOWISATA BUKIT BESAK DI DESA TANJUNG BERINGIN KECAMATAN MERAPI SELATAN KABUPATEN LAHAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img] Text
452016014_BAB_1_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
452016014_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan ekowisata di wisata alam bukit besak dengan mencari informasi dilapangan tentang kondisi, potensi, pengunjung dan pengelola wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. informan yang menjadi narasumber yaitu pengelola sedangkan kueioner didapatkan melalui pengunjung wisata alam bukit besak. hasil penelitian bahwa potensi wisata alam bukit besak yan dimiliki yaitu keunikan, keindahan yang dimiliki, pengunung dengan berbagai jenis karakteristik jenis kelamin, umur, tempat tinggal, memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan wisata, sudah cukup lengkap dengan jasa yang ditawarkan, memiliki aksesbilitas yang cukup memadai, dan memiliki pelayanan yang cukup baik dari pengelola dan masyarakat. strategi pengembangan ekowisata bukit besak di desa tanjung beringin berdasarkan analisis SWOT yaitu mengmbangkan produk ekowisata dengan memanfaatkan sumber daya alam, pemandangan, atraksi wisata, dan budaya, bentang alam unik, akomodasi, peralatan dan perlengkapan, pendidikan dan keterampilan. dalam pengembangan wisata alam bukit besak strategi yang dilakukan dinas pariwisata kabupaten alahat adalah CHSE adalah singkatan dari cleanlines (kebersihan), health (kesehatan), safety (keamanan), dan envirovment (lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Delfy Lensari S.Hut., M.Si. 2. Ir. Agus Sukaryanto, M.M.
Uncontrolled Keywords: Wisata Alam, Pengunjung, analisis SWOT, Pengelola
Subjects: Kehutanan > ekologi hutan
Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Kehutanan > manajemen hutan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 03 Jul 2021 07:28
Last Modified: 03 Jul 2021 07:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.