PENYELESAIAN HARTA BERSAMA PASCA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA

DEFRI GUNAWAN, NIM. 502017218 (2021) PENYELESAIAN HARTA BERSAMA PASCA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017218_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
50217218_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)

Abstract

ABSTRAK PENYELESAIAN HARTA BERSAMA PASCA PERCERAIAN DI PENGADILAN AGAMA OLEH DEFRI GUNAWAN Pernikahan merupakan Sunnah Rasullulah SAW. Pernikahan terdapat manfaat yang sangat besar, untuk mencegah seseorang terjatuh dalam perzinaan serta membatasi pandangan dari hal-hal yang diharamkan. Suatu Pernikahan pastilah ada perbedaan-perbedaan yang timbul antara suami dan istri, hal ini wajar karena Pernikahan menyatukan dua orang yang berbeda latar belakang, berbeda kebiasaan, pola hidup dan lainnya dan tak jarang juga bagi suami dan istri yang tidak bisa menjaga kelangsungan Pernikahannya, mereka lebih memilih untuk memutuskan Pernikahannya dengan cara bercerai. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan mengenai Penyelesaian Harta Bersama Pasca Perceraian di Pengadilan Agama serta Akibat Hukum Penyelesaian Harta Bersama Pasca Perceraian di Pengadilan Agama. Jenis penelitian ini adalah penelitian Hukum normatif yang bersifat Deskriptif sehingga tidak perlu untuk menguji Hipotesa yang ada. Teknik pengumpulan data dengan cara mengkaji bahan Hukum Primer (Perundang-undangan), bahan Hukum Sekunder (Buku-buku) dan bahan Hukum Tersier (Kamus, Ensiklopedia). Kesimpulan dari Penelitian adalah Penyelesaian harta bersama Pasca Perceraian di Pengadilan Agama, yakni menyatakan bahwa setelah pembubaran persatuan ini harta benda kesatuan dibagi menjadi dua untuk masing-masing bekas suami dan isteri. Namun pada prinsipnya jika terjadi perceraian harta gono-gini dibagi dua antara suami dan istri, dan Akibat Hukum Penyelesaian Harta Bersama Pasca Perceraian di Pengadilan Agama, adalah Untuk pihak suami atau istri mempunyai tanggung jawab yang sama dan harta bersama itu akan dibagi sama atau fiftyfifty apabila perkawinan tersebut sudah putus akibat kematian atau pun perceraian dan karena putusan pengadilan. Kata Kunci : Penyelesaian harta bersama, Pengadilan Agama, Perceraian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING, 1.H.SAIFULLAH BASRI, S.H., M.H. 2.HJ. SITI MARDIYATI, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian harta bersama, Pengadilan Agama, Perceraian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 29 Jun 2021 05:15
Last Modified: 29 Jun 2021 05:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.