SISTEM BAGI HASIL PENDAPATAN PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus di Desa Rengas Kec. Payaraman Kab. Ogan Ilir)

Herma Yuniansi, 642017004 (2021) SISTEM BAGI HASIL PENDAPATAN PETANI KARET DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus di Desa Rengas Kec. Payaraman Kab. Ogan Ilir). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I_DAFTAR PUSTAKA_HERMA YUNIANSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada “Sistem Bagi Hasil Pendapatan Petani Karet Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah (Studi kasus di desa Rengas kec. Payaraman kab. Ogan Ilir)”. Manusia di ciptakan oleh Allah SWT masing-masing berhajat kepada yang lain, supaya mereka saling tolong menolong, dalam segala urusan kepentingan hidup masing-masing, baik dalam jual beli atau bercocok tanam. Di desa Rengas menjadi daerah yang unggul dalam sektor perkebunan yakni produksi penghasil karet serta memberikan peluang ekonomi yang sangat besar di pedesaan. Tidak hanya sebatas penghasil devisa, tetapi berperan dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada disekitarnya dan secara langsung menunjang pembangunan perekonomian masyarakat. Adapun Rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, Bagaimana sistem bagi hasil pendapatan petani karet di desa rengas kecamatan payaraman kabupaten ogan ilir. Kedua, Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap bagi hasil petani karet di desa Rengas Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Ketiga, Bagaimana dampak pendapatan petani karet terhadap sistem bagi hasil Muzara’ah. Untuk mengetahui permasalahan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang menggunakan kenyataan atau realita lapangan sebagai sumber data, seperti wawancara sistem bagi hasil pada petani karet yang terjadi di desa Rengas kec. Payaraman kab. Ogan Ilir. Kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis dan dibahas untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam penerapan sistem bagi hasil pada petani karet di desa Rengas kec. Payaraman kab. Ogan Ilir dilakukan atas dasar kekeluargaan dan kepercayaan masing-masing pihak, dan sistem bagi hasil yang digunakan yaitu Muzara’ah yang umumnya menggunakan sistem bagi hasil seperdua/bagi dua (50%-50%). Sistem bagi hasil yang mereka lakukan secara garis besar sudah menjurus kepada kaidah fiqih atau tata cara dalam ekonomi Islam karena kerjasama bagi hasil yang dilakukan atas dasar suka sama suka tanpa ada paksaan, bagi hasil yang mendatangkan kemaslahatan bagi mereka. Kata Kunci : Bagi Hasil Muzara’ah, Ekonomi Syari’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr Hoirul Amri .,M.E. Sy 2. Fikri Junanda,. S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bagi Hasil Muzara'ah, Ekonomi Syaria'ah
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 Jun 2021 06:54
Last Modified: 26 Jun 2021 06:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16784

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.