TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN DAN PERLINDUNGAN LAHAN GAMBUT DI DESA TELUK LIMAU KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN

SEPTIANA IRMASARI, NIM. 452016020 (2021) TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN DAN PERLINDUNGAN LAHAN GAMBUT DI DESA TELUK LIMAU KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452016020_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (840kB) | Preview
[img] Text
452016020_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)

Abstract

SEPTIANA IRMASARI. Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Pemanfaatan dan Perlindungan Lahan Gambut di Desa Teluk Limau Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. (Dibimbing oleh DELFY LENSARI dan SASUA HUSTATI SYACHRONI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman masyarakat dalam pemanfaatan dan perlindungan lahan gambut. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Teluk Limau Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim pada bulan November 2020 sampai dengan April 2021. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purpossive). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan melakukan survey. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simple random sampling.. Sampel responden dalam penelitian ini sebanyak 54 orang. Pengumpulan data yang dilakukan adalah kuisioner, wawancara, dan studi pustaka. Metode pengolahan data secara tabulasi kemudian di analisis dengan Skala Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahaman masyarakat Desa Teluk Limau Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim dalam pemanfaatan dan perlindungan lahan gambut pada variabel pemahaman gambut memiliki nilai skor 8,46 di kategorikan tidak paham. Tingkat pemahaman masyarakat pada pemanfaatan dan perlindungan lahan gambut pada variabel pemanfaatan gambut memiliki nilai skor 5,14 di kategorikan tidak paham. Tingkat pemahaman dalam pemanfaatan dan perlindungan lahan gambut pada variabel perlindungan gambut memiliki nilai skor 6,07 dikategorikan tidak paham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Delfy Lensari S.Hut., M.Si 2. Sasua Hustati Syachroni S.P., M.Si
Subjects: Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:06
Last Modified: 26 Jun 2021 03:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16775

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.