Metode Dakwah di Kalangan Remaja Desa Mariana Ilir Dalam Membangun Akhlak dan Silaturahmi (Studi Kasus Karang Taruna Mariana Ilir Kec.Banyuasin 1 Kab.Banyuasin).

Miftahun Nafi'ah, NIM. 612016014 (2020) Metode Dakwah di Kalangan Remaja Desa Mariana Ilir Dalam Membangun Akhlak dan Silaturahmi (Studi Kasus Karang Taruna Mariana Ilir Kec.Banyuasin 1 Kab.Banyuasin). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016014_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016014_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode dakwah di kalangan remaja yang dilakukan oleh Karang Taruna Mariana Ilir Kec. Banyuasin 1, Kab. Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis penelitian ini menggunakan kaidah analisis kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama, metode dakwah Karang Taruna Marina Ilir diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan jalan-jalan, olahraga dan sosial proses pencapaian tujuan ditunjang adanya rekayasa keadaan yang dilakukan oleh Karang Taruna Mariana Ilir. Ditinjau dari aspek komunikasi, pengemban metode dakwah Karang Taruna Mariana Ilir cenderung pada jenis komunikasi perubahan perilaku secara utuh di mana aspek kognitif, efektif dan perilaku menjadi satu kesatuan dalam proses dakwah. Nilai-nilai yang diselipkan dalam proses pengemban metode dakwah juga memiliki kompleksitas yakni nilai keagamaan, kepemimpinan, tanggung jawab, keahlian dan nilai-nilai sosial yang dapat menjadi bekal remaja dalam mengarungi fase peralihan anak-anak menuju dewasa. Ditinjau dari aspek model dakwah Qs. An-Nahl ayat 125, pengemban metode dakwah Karang Taruna Mariana Ilir merupakan dominasi dari pengemban model al-hikmah yang didukung dengan model dakwah mujadalah dan model mau’idzal hasanah yang mengerucut pada pengemban metode dakwah bil hal dengan merekayasa keadaan yang dapat menimbulkan gairah kegiatan keagamaan dikalangan remaja melalui kegiatan-kegiatan jalan-jalan, olahraga dan sosial. Dari aspek kebutuhan remaja, pengemban metode dakwah Karang Taruna Mariana Ilir juga telah meminimalisir nilai negatif dalam perkembangan diri remaja dan merubah sebaliknya, yakni, pergaulan dengan teman sebaya yang bernilai psotif dan dapat menerima orang yang lebih dewasa atau orang tua. Kedua Metode dakwah yang dikembangkan Karang Taruna Mariana Ilir memiliki kelebihan: melatih remaja untuk menjadi pemimpin, melatih remaja untuk berperilaku baik dan agamis, peningkatan keahian (skill) dan agama yang selaras, dan perubahan yang tidak terasa. Kata kunci: Metode Dakwah, Akhlak, Silaturahmi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prmbimbing 1. Titin Yenny, S.Ag,M.Hum. 2. Ayu Munawwaroh, S.Ag,M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Dakwah, Akhlak, Silaturahmi.
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Komunikasi dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 26 Jun 2021 01:15
Last Modified: 26 Jun 2021 01:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16771

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.