PERANAN PENYIDIK POLRI DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA

RACHMAD REZHA PAHLEFI, NIM. 502015308 (2021) PERANAN PENYIDIK POLRI DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502015308_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
502015308_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)

Abstract

A B S T R A K Kejahatan narkotika dan obat-obatan terlarang telah bersifat transnasional yang dilakukan dengan modus operandi yang tinggi dan teknologi yang canggih, aparat penegak hukum diharapkan mampu mencegah dan menanggulangi kejahatan tersebut guna meningkatkan moralitas kualitas sumber daya manusia di Indonesia khususnya bagi generasi penerus bangsa. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimanakah peranan penyidik Polri dalam menyelesaikan tindak pidana narkotika? dan apakah kendala-kendala yang dihadapi penyidik Polri terkait dengan pelaksanaan penyidikan kasus tindak pidana narkotika?. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian hukum normatif. Sesuai dengan judul dan permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peranan Penyidik Polri dalam menyelesaikan Tindak Pidana Narkotika adalah melaksanakan tugasnya dalam melakukan penyidikan yang akhirnya dapat membuat Berita Acara Pemeriksaan Saksi, menetapkan tersangka dan menemukan Barang Bukti yang selanjutnya diserahkan ke Penuntut Umum. Adapun kendala-kendala yang dihadapi Penyidik Polri terkait dalam pelaksanaan penyidikan kasus tindak pidana Narkotika adalah pertama berasal dari kendala internal yaitu kurangnya anggaran, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya personil Penyidik Poini dan putusan Pengadilan yang ringan dan kedua adalah kendala secara eksternal meliputi Saling terikatnya tiap pelaku, teknik peredaran narkotika yang berubah-ubah dan kurangnya kerja sama dan masyarakat. Kata Kunci : Peran Penyidik, POLRI, Narkotika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Atika Ismail, SH, MH Pembimbing II : Mona Wulandari, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Peran Penyidik, POLRI, Narkotika
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:55
Last Modified: 28 Jun 2021 03:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16763

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.