TINJAUAN TERHADAP SISTEM PERANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP KARET DARI SUDUT PANDANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI MASYARAKAT DESA RIDING KECAMATAN PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

YEKI KURNIA, NIM. 642017013 (2021) TINJAUAN TERHADAP SISTEM PERANTARA PEMILIK DAN PENGGARAP KARET DARI SUDUT PANDANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI MASYARAKAT DESA RIDING KECAMATAN PANGKALAN LAMPAM KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642017013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
642017013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada “Tinjauan Terhadap Sistem Perantara Pemilik Dan penggarap Karet Dari Sudut pandang Perspektif Ekonomi Islam(Studi kasus Di Masyrakat Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir)”. Karet merupakan komoditas pertanian yang erat hubungannya dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat di desa Riding. Produksi karet alam dunia berdasarkan penguasaan terdiri dari perkebunan besar dan perkebunan rakyat. Kebutuhan akan karet baik produksi maupun sebagai konsumsi masyarakat sangat tinggi dan relative terus meningkat. Adapun Rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, Bagaimana sistem bagi hasil getah karet antara pemilik dan penggarap di desa riding kecamatan pangkalan lampam kabupaten ogan komering ilir. Kedua, Bagaimana sistem perantara pemilik dan penggarap karet di desa riding kecamatan pangkalan lampam kabupaten ogan komering ilir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang menggunakan kenyataan atau realita lapangan sebagai sumber data, seperti wawancara. Kemudian data tersebut diuraikan dan dianalisis untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam penerapan Sistem bagi hasil (musaqah) getah karet antara pemilik dan penggarap di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir ialah dengan menggunakan konsep kerjasam adalam bentuk akad musaqah yaitu pembagian hasil dilakukan menurut adat kebiasaan yang telah menjadi ketentuan hukum adat telah di setujui dan dijalankan oleh masyarakat di Desa Riding. Dengan cara pembagian dari hasil getah karet tersebut dibagi menurut kesepakatan antara pemilik dan penggarap kebun dengan menyebutkan bagian hasil dengan jelas yaitu 50:50. Perjanjian bagi hasil tersebut dilakukan secara lisan karena menurut mereka hal tersebut lebih mudah dari pada perjanjian yang tertulis. Sistem perantara pemilik dan penggarap karet di Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir menghubungkan pemilik dan penggarap menjalankan usaha dengan tujuan agar kebun itu dipelihara dan dirawat sehingga memberikan hasil yang maksimal. Penggarap mengelola dan mencari sebanyak-banyaknya keuntungan dan di bagi dua aantara pemilik dan penggarap segala sesuatu yang dihasilkan pihak kedua adalah merupakan hak bersama antara pemilik dan penggarap sesuai dengan kesepakatan yang mereka buat. Kata Kunci : Sistem perantara, Penggarap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. M. Jauhari, S.E., M.Si. 2. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Sistem perantara, Penggarap
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Jun 2021 06:24
Last Modified: 19 Jun 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.