KONTRIBUSI DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PEDESAAN TERHADAP PEREKONOMIAN PETANI MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KECAMATAN BUANA PEMACA KABUPATEN OKU SELATAN)

WAHYUDI APEN PUTRA, NIM. 642017010 (2021) KONTRIBUSI DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PEDESAAN TERHADAP PEREKONOMIAN PETANI MENURUT EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA KECAMATAN BUANA PEMACA KABUPATEN OKU SELATAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642017010_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
642017010_BAB II _ SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini difokuskan pada “Kontribusi Dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan Terhadap Perekonomian Petani Menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten Oku Selatan)”. masyarakat yang masih banyak tergolong miskin, desa-desa yang jauh terbelakang, sulitnya modal sehingga menghambat perkembangan dalam bidang pertanian sehingga mengharuskan pemerintah harus ikut serta dalam menyelesaikan masalah ini, banyak langkah yang dilakukan pemerintah, salah satunya dengan memberikan dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Adapun Rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Prosedur Pelaksanaan Dana Pengembangan Usaha Agribisni Pedesaan Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten Oku Selatan. Kedua, Bagaimana Kontribusi Dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan Terhadap Perekonomian Petani Kecamatan Buana Pemaca, Kabupaten Oku Selatan. Ketiga, Bagaimana Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang menggunakan kenyataan atau realita lapangan sebagai sumber data, seperti wawancara. Kemudian data tersebut diuraikan dan dianalisis untuk menjawab permasalahan tersebut. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program PUAP di kecamatan Buana Pemaca memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian petani anggota PUAP di kecamatan Buana Pemaca. Kemudian mengenai pelaksanaan program PUAP di Kecamatan Buana Pemaca dan kontribusi yang diberikan dari pelaksanaan program PUAP secara umum sudah bagus, hanya saja bila dilihat pada pengembalian pinjaman dan penggunaan dana oleh anggota hal ini bertentangan dengan syari’at Islam karena, di dalam pengembalian terdapat unsur riba. Kata Kunci :Kontribusi Dana PUAP Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Hoirul Amri, M.E.,Sy. 2. Hendri Nuralam, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kontribusi Dana PUAP Ekonomi Islam
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 19 Jun 2021 06:24
Last Modified: 19 Jun 2021 06:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16727

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.