PENGARUH JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK HAYATI CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI HIJAU (Capsicum annuum L.)

RINDU REVINNA INRAKASIH, NIM. 422016040 (2021) PENGARUH JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK HAYATI CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI HIJAU (Capsicum annuum L.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
422016040 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
422016040 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RINDU REVINNA INRAKASIH. Pengaruh Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Organik Hayati Cair Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Cabai Hijau (Capsicum annuum L.) (dibimbing oleh Ibu Heniyati Hawalid dan Bapak Syafrullah). Pada tahun 2019 Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan produksi cabai, baik cabai besar dan cabai rawit, masing-masing akan meningkat 7%. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan produktifitas tanaman cabai dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satu cara dengan perbaikan teknologi budidaya yaitu dengan pengaturan jarak tanam dan pemberian pupuk organik hayati cair. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mempelajari dan menentukan jarak tanam dan pemberian dosis pupuk hayati cair yang terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai hijau (Capsicum annuum L.) Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan milik petani yang terletak di jalan Sekojo, Kelurahan Kendodong Raye, Kec. Banyuasin III Pangkalan Balai, Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni - September 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan petak terbagi (Splitplot design) dengan 9 kombinasi perlakuan yang di ulangi sebanyak 3 kali maka didapat 27 unit perlakuan. Adapun faktor perlakuan yang dimaksud adalah sebagai berikut : Jarak Tanam (J) J1 = 40 cm x 50 cm, J2 = 50 cm x 50 cm, J3 = 60 cm x 50 cm, Takaran Pupuk Organik hayati (P) P1 = 10 cc/ 1 liter air, P2 = 20 cc/1 liter air, P3 = hayati 30 cc/1 liter air. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, panjang buah, berat buah per petak dan berat buah per tanaman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan perlakuan jarak tanam 50 cm x 50 cm memberikan hasil tertinggi terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai, Perlakuan dosis pupuk organik hayati cair 20 cc/l air memberikan hasil terbaik terhadap berat buah per tanaman dan per petak tanaman cabai, Perlakuan interaksi antara jarak tanam 50 cm x 50 cm dengan dosis pupuk organik hayati cair 20 cc/l air memberikan hasil tertinggi terhadap pertumbuhan dan produksi cabai sebesar 242,00 g/petak atau setara dengan 484,00 kg/ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. Heniyati Hawalid, M.Si 2. Dr. Ir. Syafrullah, MP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh Jarak tanam,Dosis Pupuk Cair,Tanaman Cabai Hijau
Subjects: Agroteknologi > Kesuburan tanah dan nutrisi tanaman
Agroteknologi
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 03 Jul 2021 03:31
Last Modified: 03 Jul 2021 03:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16714

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.