PERJANJIAN RENOVASI MASJID AL-ARAFAH KOTA PAGAR ALAM ANTARA DINAS PEKERJAAN UMUM DENGAN KONTRAKTOR CV. KEMILAU

LOFIRA MARYAM SALSABILAH, NIM. 502017380 (2021) PERJANJIAN RENOVASI MASJID AL-ARAFAH KOTA PAGAR ALAM ANTARA DINAS PEKERJAAN UMUM DENGAN KONTRAKTOR CV. KEMILAU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017280_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
502017280_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Penerapan asas kebebasan berkontrak dari Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata yang menyatakan bahwa semua persetujuan yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya. Kata semua dalam pasal tersebut menunjukkan bahwa perjanjian yang dimaksud bukan semata-mata perjanjian bernama, tetapi juga meliputi perjanjian tidak bernama. Soal kata semua dalam Pasal 1338 ayat (1) KUHPerdata itu dimaknai sebagai suatu kebolehan bagi masyarakat untuk membuat janji yang berupa dan berisi apa saja dan janji itu mengikat mereka yang membuatnya seperti undang-undang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perjanjian renovasi Masjid Al- Arafah kota Pagar Alam memenuhi asas-asas kebebasan berkontrak sebagaimana diatur dalam Pasal 1338 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Adapun permasalahan dalam skripsi ini yaitu apakah perjanjian kerja renovasi Masjid Al- Arafah kota Pagar Alam memenuhi asas-asas kebebasan berkontrak sebagaimana diatur dalam Pasal 1338 KUHPerdata serta bagaimana penyelesaian perkara perjanjian kontrak pembangunan rehabilitasi Masjid Al- Arafah kota Pagar Alam apabila salah satu pihak melakukan wanprestasi. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kepustakaan, yaitu: penelitian dari buku-buku, sumber pustaka, dan jurnal. Satu lagi penelitian lapangan yaitu mengumpulkan data dengan mengadakan penelitian langsung pada tempat atau objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bebas, namun terarah kepada data penelitian yang diinginkan. Berdasarkan penelitian ini, dapat dipahami bahwa untuk mengetahui permasalahan tentang bagaimana Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Pasal 1338 Kitab Undang- Undang Hukum Perdata dalam Perjanjian Rehabilitasi Masjid Al- Arafah kota Pagar Alam antara Dinas Pekerjaan Umum dengan Kontraktor Pelaksana Pembangunan. Kata Kunci : Perjanjian, Renovasi, Masjid Al- Arafah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. H. Abdul Hamid Usman, S.H., M.Hum. 2. Koesrin Nawawie A., S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Perjanjian, Renovasi, Masjid Al- Arafah.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:07
Last Modified: 10 Jun 2021 07:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16699

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.