PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERILAKU ISLAMI BAGI PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Wahyu Syahrul Ramadhan, NIM. 622017048 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERILAKU ISLAMI BAGI PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017048 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
622017048 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyu Syahrul Ramadhan, 622017048, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Perilaku Islami Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Yang disampaikan oleh responden yakni guru Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari semua guru Pendidikan Agama Islam yang ada di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan dan manfaat dilakukanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui Untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam sebagai pendidik dalam meningkatkan kualitas perilaku siswa yang islami, untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam sebagai model dan teladan dalam meningkatkan perilaku islami siswa. Serta ntuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa yang berperilaku atau bersikap kurang baik. Adapun manfaat dilakukannya penelitian ini yaitu sebagai sumbangsi pemikiran bagi kelancaran pelaksanaan program belajar mengajar di SMK Muhammadiyah 2 palembang. Sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah dan guru dalam menetapkan kebijakan dan pentransferan ilmu pengetahuan pada siswa di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Sebagai bekal para guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan akhlak muliah peserta didik di SMK Muhammadiyah 2 Palembang.. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas perilaku islami bagi siswa SMK Muhammadiyah 2 Palembang mengarahkan peserta didik kepada pembelajaran ISMUBA dan mendorong siswa untuk aktif di organisasi yang ada di sekolah termasuk ketiga pilar Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Hizbul Wathan (HW), atau Tapak Suci (TS), ketiga pilar ini wajib untuk diikuti oleh semua peserta didik dan inilah yang akan membuat pembentukan karakter semua peserta didik dengan melalui pengkaderan. Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai model dan teladan dalam meningkatkan kualitas perilaku islami terhadap peserta didik SMK Muhammadiyah 2 Palembang. guru itu digugu dan ditiru, guru itu memberikan contoh yang baik atau yang bisa di teladani oleh siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa yang berperilaku atau bersikap kurang baik yaitu yang lebih dominan mempengaruhi perilaku kurang baik anak itu disebabkan oleh lingkungan dan pergaulan dari teman-temannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Abu Hanifah M.Hum. 2. Achmad Tasmi S.Sos.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran, Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 12 Jun 2021 02:48
Last Modified: 12 Jun 2021 02:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16663

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.