PENGARUH KONSENTRASI RAGI DAN INDEKS BIAS PADA PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT DURIAN

Narancy Maiza Arbella, NIM. 122016025 (2021) PENGARUH KONSENTRASI RAGI DAN INDEKS BIAS PADA PEMBUATAN BIOETANOL DARI KULIT DURIAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122016025_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122016025_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi dan bertambahnya penduduk, kebutuhan energi yang semakin meningkat. Untuk mengatasi kelangkahan BBM dan pencemaran limbah kulit durian yang melimpah perlu ditangani dilakukan upaya seperti menciptakan energi alternatif yaitu bioetanol. Pada kulit durian dilakukan analisa Fourier tranfrom Infrared Spectroscopy (FTIR) untuk mengetahui gugus kimia yang terkandung dalam kulit durian. Setelah dianalisa diketahui bahwa kulit durian mengandung polisakarida dan tepung-tepungan yang dapat di jadikan bahan baku pembuatan bioetanol. Proses pembuatan bioetanol terdiri dari hidrolisis, fermentasi dan pemurnian. Kulit durian diblender terlebih dahulu hingga menjadi larutan kulit durian kemudian dihidrolisis dengan menggunakan asam sulfat 5% dengan volume 200 ml. Lalu difermentasi selama 7 hari. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan ragi dengan menambahkan variasi konsetrasi Saccaromyces Cerevisiae sebagai variable bebas ( 5%, 7.5%, 10 %, 12.5%, 15%) .Sampel setelah difermentasi kemudian di destilasi dengan suhu 78oC selama -+ 1 jam. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara antara variasi ragi dengan kadar etanol .semakin banyak ragi yang di tambahkan maka kadar etanol akan semakin tinggi, kadar etanol tertinggi dihasilkan pada kondisi konsentrasi ragi 12.5 % dengan waktu fermentasi 7 hari yaitu 17%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Ir. Marhaini, MT 2. Ir. Ummi Kalsum, MT
Uncontrolled Keywords: Kulit Durian, Analisa FTIR, Ragi, Fermentasi, Hidrolisis, Bioetanol
Subjects: Kimia > Teknologi Bahan Kimia Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 Jun 2021 06:27
Last Modified: 22 Jun 2021 06:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16645

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.