HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR SETELAH TERJADI PERCERAIAN

LOFERDI ABELIAN, NIM. 502017236 (2021) HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR SETELAH TERJADI PERCERAIAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017236_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017236_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HAK DAN KEWAJIBAN ORANG TUA DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR SETELAH TERJADI PERCERAIAN Loferdi Abelian Anak merupakan amanah sekaligus karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, bahkan anak dianggap sebagai harta kekayaan yang paling berharga dibandingkan kekayaan harta benda lainnya, karena jika kita berbicara mengenai anak adalah sangat penting karena anak merupakan potensi nasib manusia dihari mendatang, dialah yang ikut berperan menentukan sejarah bangsa sekaligus cermin sikap hidup bangsa pada masa mendatang dan anak sering sekali menjadi korban permasalahan dari kedua orang tuanya banyaknya permasalahan yang timbul didalam rumah tangga hingga terjadi perceraian akibatnya anak menjadi korban dari permasalahan kedua orang tuanya, anak akan merasa kekurangan kasih sayang dan tak banyak anak yang justru kehilangan haknya sebagai anak dari kedua orang tuanya yang merupakan dampak akibat dari perceraian kedua orang tuanya maka dari itu penulis membahas tentang hak dan kewajiban orang tua dan perlindungan hukum terhadap anak dibawah umur setelah terjadi perceraian. Pokok-pokok permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1. Apa sajakah yang menjadi hak dan kewajiban orang tua terhadap anak di bawah umur setelah terjadi Perceraian? 2. Bagaimanakah perlindungan hukum terhadap anak di bawah umur setelah terjadi perceraian ? Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian hukum Yuridis Normatif yaitu suatu penelitian hukum yang menggunakan data sekunder (data kepustakaan) dan juga didukung dengan data lapangan. Dan data sekunder tersebut terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Penelitian mengenai permasalahan ini menggunakan beberapa metode yaitu metode pengumpulan dan analisis data karena dengan pengumpulan data akan diperoleh data yang diperlukan untuk selanjutnya dianalisis sesuai kehendak yang diharapkan, dan metode analisis data, diolah secara content analysis yang kemudian diolah berdasarkan asas-asas atau konsep-konsep hukum, dan perundang-undangan yang terkait. Hasil dari penelitian mengenai hak dan kewajiban orang tua terhadap anak dibawah umur setelah terjadi perceraian: 1. Kewajiban orang tua orang tua berkewajiban membentuk moral anak yang harus menghormati orang tua, memenuhi semua kebutuhan anak dan menetapkan peraturan agar anak tetap dalam pengawasan orang tua, , hak dari anak yang mendapatkan kehidupan dan pengurusan yang baik serta mendapatkan pendidikan yang cukup, sedangkan hak orang tua mendapatkan perlakuan yang baik dari anaknya. 2. Perlindungan hukum terhadap anak yang meliputi; Hak untuk hidup, kelangsungan hidup dan berkembang, dan penghargaan terhadap pendapat anak. Kata Kunci : Hak & kewajiban, Orang Tua, Perlindungan Hukum, Anak dibawah Umur dan Perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hj. Lilies Anisah, SH., MH. Pembimbing II : Rusniati, SE., SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Hak & kewajiban, Orang Tua, Perlindungan Hukum, Anak dibawah Umur dan Perceraian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Jun 2021 06:34
Last Modified: 03 Jun 2021 06:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16632

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.