PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK PADA PENGADILAN NEGERI KELAS IA PALEMBANG

HERI YANTO, NIM. 502017181 (2021) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK PADA PENGADILAN NEGERI KELAS IA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017181 _BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text
502017181_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

ABSTRAK PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MEMUTUSKAN PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA YANG DILAKUKAN ANAK PADA PENGADILAN NEGERI KELAS IA PALEMBANG Oleh : Heri Yanto Tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak merupakan hal yang sangat serius dan perlu mendapat perhatian khusus dari para penegak hukum, pemerintah maupun masyarakat kekhususan tersebut tindak pidana narkotika adalah tindak pidana khusus yang tidak diatur dalam KUHP tetapi diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Di sisi lain pelaku tindak pidana narkotika tersebut adalah anak memerlukan perlakuan khusus. Dalam memutus perkara anak yang tindak pidana narkotika kepada yang bersangkutan sebagaimana dijelaskan dalam pasal 1 butir 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, Perlindungan Anak adalah segala kegiatan yang menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Permasalahan dalam skripsi ini adalah Apakah yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana terhadap anak pelaku tindak pidana narkotika ? dan Bagaimana pelaksanaan putusan hakim terhadap anak pelaku tindak pidana narkotika ? Berdasarkan judul skripsi tersebut dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan dapat disimpulkan bahwa putusan hakim didasarkan oleh pertimbangan-pertimbangan tertentu yang digunakan untuk keadilan putusan terhadap perkara tersebut. Hakim di Indonesia menggunakan 2 jenis sifat pertimbangan yaitu yuridis dan non yuridis. Pelaksanaan putusan hakim terhadap anak pelaku tindak pidana ialah memperhatikan fakta-fakta hukum dengan mempertimbangkan terlebih dahulu dakwaan seperti yang diatur dalam Pasal 114 ayat (2) UU No.35 Tahun 2009 dan Pasal 132 ayat (1) UU No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika. Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Anak, UU No.35 Tahun 2009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sri Suatmiati, S.H., M.Hum. 2. Helmi Ibrahim, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Hakim, Anak, UU No.35 Tahun 2009.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Jun 2021 05:15
Last Modified: 03 Jun 2021 05:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16628

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.