UPAYA HUKUM UNIT SHABARA DALAM MENEKAN JUMLAH KEJAHATAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI WILAYAH HUKUM POLSRESTABES PALEMBANG

CHALVIN RIZKI NUPANTO, NIM. 502017308 (2021) UPAYA HUKUM UNIT SHABARA DALAM MENEKAN JUMLAH KEJAHATAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI WILAYAH HUKUM POLSRESTABES PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017308_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text
502017308_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA HUKUM UNIT SHABARA DALAM MENEKAN JUMLAH KEJAHATAN PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI WILAYAH HUKUM POLSRESTABES PALEMBANG Oleh CHALVIN RIZKI NUPANTO Fungsi Shabara merupakan fungsi kepolisian yang bersifat preventif yang memerlukan keahlian dan keterampilan khusus yang telah dikembangkan lagi mengingat masing-masing tugas yang tergabung dalam fungsi shabara dan menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana upaya hukum Unit Shabara dalam menekan jumlah Kejahatan Pencurian kendaraan bermotor roda dua di wilayah hukum Polrestabes Palembang? dan Apakah hambatan Unit Shabara dalam menekan jumlah Kejahatan Pencurian kendaraan bermotor roda dua di wilayah hukum Polrestabes Palembang? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum sosiologis yang bersifat deskriptif. Sesuai dengan judul dan beberapa permasalahan yang telah dikemukakan di atas, dapat disimpulkan bahwa: Upaya hukum Unit Shabara dalam menekan jumlah Kejahatan Pencurian kendaraan bermotor roda dua di wilayah hukum Polrestabes Palembang, yaitu supaya preventif diadakan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat yang dilaksanakan oleh Unit Patroli Roda Empat Satuan Shabara Polrestabes kota Palembang telah mengacu pada tahap pelaksanaan dalam SOP Ranmor Roda Empat dalam pasal 19 ayat (1) Peraturan Kabaharkam Polri No 4 Tahun 2011 tentang patroli sebagai pedoman/petunjuk pelaksanaan kegiatan patroli. Hal ini bertujuan untuk mengedepankan upaya preventif dengan mengantisipasi bertemunya niat dan kesempatan bagi pelaku kejahatan yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas terkhususnya dalam tindak pidana curanmor. Hambatan Unit Shabara dalam menekan jumlah Kejahatan Pencurian kendaraan bermotor roda dua di wilayah hukum Polrestabes Palembang, yaitu faktor penghambat internal yang mempengaruhi optimalisasi pelaksanaan patroli roda empat Satuan Sabhara Polrestabes kota Palembang terdiri dari beberapa hal, yaitu kedisiplinan Personel, stigma negatif, tidak seimbangnya jumlah Personel dengan jumlah penduduk dan kualitas Personel. Kata Kunci: Unit Shabara, Kejahatan Pencurian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hj. Susiana Kifli, SH.,MH. Pembimbing II : Heni Marlina, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Unit Shabara, Kejahatan Pencurian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:47
Last Modified: 03 Jun 2021 04:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16620

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.