UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KECANDUAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI DESA SUAK BATANG GANDUS KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG

ARI PRATAMA, NIM. 622017001 (2021) UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KECANDUAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI DESA SUAK BATANG GANDUS KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
622017001 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
622017001 BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI KECANDUAN PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI DESA SUAK BATANG GANDUS KECAMATAN GANDUS KOTA PALEMBANG Oleh : ARI PRATAMA Saat ini pengguna gadget sudah merambah ke dunia anak-anak yang masih dengan keterbatasan-keterbatasan pengetahuan, yaitu anak usia dini. Anak usia dini merupakan peniru yang paling baik. Sehingga ketika anak mendapatkan stimulus baik anak akan menjadi baik namun jika anak mendapatkan stimulus yang tidak baik akan mengganggu proses perkembangan anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah kecanduan gadget berpengaruh pada perkembangan anak; 2) Apa saja dampak kecanduan gadget pada anak; 3) Bagaimana upaya orangtua dalam menghadapi anak yang kecanduan gadget. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanduan gadget pada perkembangan anak, dampak kecanduan gadget pada anak dan upaya orangtua dalam menghadapi anak yang kecanduan gadget. Metode penelitian yang digunakan adalah Jenis penelitian kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui keadaan objek secara langsung. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh informasi pendukung dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh hal-hal yang berhubungan dengan masalah penelitian di Desa Suak Batang Gandus Kecamatan Gandus Kota Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh kecanduan gadget pada perkembangan anak yaitu: anak cenderung menghabiskan waktu di rumah untuk bermain gadget, anak menjadi ketergantungan pada gadget dan berpengaruh terhadap pola perilaku anak atau perkembangan sosial anak. Dampak kecanduan gadget pada anak yaitu: 1) dampak positif: menambah pengetahuan, melatih kreativitas anak, mempermudah berkomunikasi, anak bisa beradaptasi dengan zaman, dan berkembangnya imajinasi. 2) dampak negatif: gadget dapat mengganggu kesehatan anak, gadget dapat menggannggu perkembangan anak, mempengaruhi perilaku anak, membuat ketergantungan pada gadget, anak menjadi suka menyendiri dan penurunan konsentrasi pada anak. Upaya orangtua dalam menghadapi anak yang kecanduan gadget yaitu: pendampingan penggunaan gadget pada anak, batasi penggunaan gadget pada anak, beri jadwal penggunaan gadget pada anak, berikan contoh yang baik, jangan beri akses penuh penggunaan gadget pada anak, tetapkan wilayah bebas gadget dalam ajarakan anak pentingnya menahan diri dalam penggunaan gadget.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Antoni, M.H.I 2. Drs. Ruskam Sua’idi, M.H.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Gadget, Anak Usia Dini, Orangtua
Subjects: Pendidikan Agama Islam > Pengajaran dan Pengajar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:51
Last Modified: 03 Jun 2021 04:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.