EFESIENSI PEMASARAN BUAH NANAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH DI DESA GAUNG ASAM KECAMATAN BELIDA DARAT KABUPATEN MUARA ENIM

ANTON KUSWOYO, NIM. 642017012 (2021) EFESIENSI PEMASARAN BUAH NANAS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARI’AH DI DESA GAUNG ASAM KECAMATAN BELIDA DARAT KABUPATEN MUARA ENIM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642017012_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
642017012_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemasaran merupakan sesuatu sistem dari keseluruhan kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. Dalam pemasaran syari’ah tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah islam. Sepanjang hal tersebut dapat dijamin dan penyimpangan prinsip-prinsip muamalah islami tidak terjadi dalam suatu transaksi atau dalam proses suatu bisnis, maka bentuk transaksi apapun dalam pemasaran dapat diperbolehkan. Hasil produksi buah nanas di Desa Gaung Asam cukup melimpah dan hasil panen petani buah nanas yang ada di Desa Gaung Asam termasuk hasil panennya sangat bagus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemasaran buah nanas di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yaitu sumber yang langsung diperoleh dari responden melalui wawancara dan juga sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari bukubuku, jurnal dan kepustakaan lainnya. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, Saluran distribusi pemasaran di Desa Gaung Asam terdari dari dua saluran distribusi pemasaran. Saluran distribusi yang pertama yaitu petani langsung menjual hasil produksinya langsung ke kota, pada saluran distribusi Pertama ini merupakan saluran pemasaran yang paling sederhana, pemasarannya hanya melibatkan petani dengan pembeli yang ada di kota. Saluran distribusi pemasaran yang Kedua yaitu petani menjual hasil produksinya kepada pedagang pengumpul dan pedagang pengumpul menjual kembali ke pembeli yang ada di kota, pada saluran distribusi pemasaran yang kedua ini dapat dilihat melibatkan beberapa lembaga pemasaran yaitu petani, pedagang pengumpul dan pembeli yang ada di kota. Pemasaran buah nanas di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim ini dapat disimpulkan bahwa orang atau lembaga-lembaga yang terkait dalam pemasaran yang terjadi pada saluran-saluran distribusi pemasaran yang telah penulis teliti saling menguntuntungkan diamana dengan adanya petani nanas dapat menciptakan pekerjaan bagi masyarakat dan juga dapat mempermudah pedagang pengumpul untuk mencari produsen yang menjual buah nanas di Desa Gaung Asam begitupun petani nanas dengan adanya pedagang pengumpul petani nanas dengan lebih mudah menjual hasil produksinya. Petani dan pedagang pengumpul tidak di kuasai oleh pihak manapun, sehingga para petani bebas memilih saluran distribusi pemasaran mana yang akan dipilih, begitupun pedagang pengumpul bebas memilih untuk membeli buah nanas mana dari petani Kata kunci : Efesiensi Pemasaran, Pemasaran Buah Nanas, dan Ekonomi Syari'ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Helyadi, S.H, M.H. 2. Rina Dwi Wulandari, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efesiensi Pemasaran, Pemasaran Buah Nanas, dan Ekonomi Syari'ah
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 02 Jun 2021 05:24
Last Modified: 02 Jun 2021 05:24
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16596

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.