STUDI KEMITRAAN KELOMPOK TANI DENGAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERATAI BIRU DI DESA PENINGGALAN KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

BAYU GIGI PRATAMA, NIM. 412015042 (2021) STUDI KEMITRAAN KELOMPOK TANI DENGAN KOPERASI UNIT DESA (KUD) TERATAI BIRU DI DESA PENINGGALAN KECAMATAN TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015042 BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
412015042 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

ABSTRAK BAYU GIGI PRATAMA. “Studi Kemitraan Kelompok Tani Dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Teratai Biru Di Desa Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin”. (Dibimbing oleh RAFEAH ABUBAKAR dan HARNIATUN ISWARINI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Kemitraan antara Kelompok Tani dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Teratai Biru Di Desa Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin dan Untuk mempelajari Apa Manfaat Kemitraan Kelompok Tani dengan Koperasi Unit Desa (KUD) Teratai Biru Di Desa Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Peninggalan Kecamatan Tungkal Jaya Kabupaten Musi Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Purposive sampling dengan responden petani yang menjadi anggota Koperasi Unit Desa Teratai Biru serta pengurus Koperasi Unit Desa Teratai Biru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Sistem kemitraan antara kelompok tani petani dan Koperasi Unit Desa (KUD) Teratai Biru yaitu mengunakan pola inti plasma. Dalam pola kemitraan ini, koperasi menjadi wadah perantara bagi petani dan perusahaan. Perusahaan ini menjadikan petani kelapa sawit sebagai pihak menerima hasil produksi kebun sebagai pengelola budidaya tanaman. Petani berperan melaksanakan pemeliharaan dan pengelolaan kebunnya dengan bimbingan perusahaan inti (PT. Lonsum), kemudian menjual produksi kebunnya kepada perusahaan inti sesuai formula harga yang ditetapkan oleh pemerintah bersama dengan perusahaan inti dan organisasi petani plasma (Koperasi Teratai Biru). Manfaat dari kemitraan antara Koperasi Unit Desa (KUD) Teratai Biru dengan Kelompok tani antara lain : Manfaat Secara Teknis, Manfaat Ekonomi, Manfaat Sosial. Adapun Manfaat kemitraan dapat dirasakan oleh petani kelapa sawit yaitu Petani dapat memperoleh bimbingan teknis, bantuan penyediaan sarana produksi, dan bahkan pada pola PIR pihak perusahaan melaksanakan pembangunan kebun plasma. Secara ekonomi, dengan adanya program ini, Kelompok tani mengalami peningkatan pendapatan kelompok tani. Secara Sosial KUD Teratai Biru juga memberikan pelayanan kepada anggota dibidang sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir. Rafeah Abubakar, M.Si. 2. Harniatun Iswarini, S.P., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Kemitraan Kelompok Tani Koprasi Unit Desa (KUD)
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:43
Last Modified: 02 Jun 2021 06:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16591

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.