STUDI TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI KELAPA SAWIT ANGGOTA KUD KARYA MAKMUR DI DESA SUMBU SARI KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

EKO WAHYUDI, NIM. 412015016 (2021) STUDI TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA PETANI KELAPA SAWIT ANGGOTA KUD KARYA MAKMUR DI DESA SUMBU SARI KECAMATAN MESUJI RAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015016 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
412015016 BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

ABSTRAK EKO WAHYUDI. “Studi Tingkat Kesejahteraan Keluarga Petani Kelapa Sawit Anggota KUD Karya Makmur Di Desa Sumbu Sari Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir”. (Dibimbing oleh SISVABERTI AFRIYATNA dan RAHMAT KURNIAWAN). Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pendapatan yang di proleh petani kelapa sawit di Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Untuk mengetahui tingkat kesejahteraan petani kelapa sawit Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Di Desa Sumbu Sari Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Berapa besar pendapatan petani anggota KUD Karya Makmur dari Usahatani sawit di Kecamatan Mesuji Raya dan Bagaimana tingkat kesejahteraan petani kelapa sawit anggota KUD Karya Makmur di Kecamatan Mesuji Raya. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple rondom sampling, artinya peneliti mengambil anggota sempel secara acak tanpa memperhatikan stara pada populasi yang dipilih.Dalam penelitian ini jumlah responden yang di ambil sebagai sampel sebanyak 10% dari 671 petani anggota KUD Karya Makmur. Sehingga di dapat 67 orang petani anggota KUD Karya Makmur yang akan dijadikan sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuanlitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Pendapatan yang diperoleh Petani Kelapa Sawit Anggota KUD Karya Makmur Di Desa Sumbu Sari Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan rata-rata sebesar Rp. 52.623.639 dalam Setahun.Petani Kelapa Sawit Anggota KUD Karya Makmur Di Desa Sumbu Sari Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir sebanyak 67 orang petani contoh masuk dalam katagori sejahtera karena telah sesuai dengan Tahapan dan indikator Keluarga Sejahtera berdasarkan data dari BKKBN (2009) adalah sebagai berikut: keluarga Pra Sejahtera 12 KK (18%), keluarga Sejahtera I sebanyak 17 KK (26%), Keluarga Sejahtera II sebanyak 18 KK (27%), Keluarga sejahtera III sebanyak 11 KK (16%) dan Keluarga sejahtera III Plus hanya 9 KK (13%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Sisvaberti Afriyatna, SP., M.S,i 2. Rahmat Kurniawan, SP., M.S,i
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tingkat Kesejahteraan, Petani Kelapa Sawit,dan KUD
Subjects: Agribisnis > Struktur pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 02 Jun 2021 06:35
Last Modified: 02 Jun 2021 06:35
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16583

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.