ANALISIS KARAKTERISTIK DAN PENDAPATAN PETANI KARET ANGGOTA KOPERASI ANUGRAH MULIA YANG MENJUAL HASIL OLAHAN KARET KERING DAN KARET BASAH DI KECAMATAN TALANG UBI KABUPATEN PALI

TOMI WAHYU SANTOSO, 412017042 (2021) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN PENDAPATAN PETANI KARET ANGGOTA KOPERASI ANUGRAH MULIA YANG MENJUAL HASIL OLAHAN KARET KERING DAN KARET BASAH DI KECAMATAN TALANG UBI KABUPATEN PALI. Skripsi thesis, universitas muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
412017042 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text
412017042 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)

Abstract

ABSTRAK TOMI WAHYU SANTOSO, “Analisis Karakteristik dan Pendapatan Petani Karet Anggota Koperasi Anugrah Mulia Yang Menjual Hasil Olahan Karet Kering dan Karet Basah di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Provinsi Sumatera Selatan”. (Dibimbing oleh RAHMAT KURNIAWAN dan INNIKE ABDILLAH FAHMI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana KarakteristikPetani Yang Menjual Karet Kering dan Karet Basah dan Untuk Mengetahui Berapa Besar Pendapatan Yang Diperoleh Petani Dari Menjual Karet Kering dan Karet Basah serta Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Petani Yang Menjual Karet Kering dan Karet Basah di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Disproportionate stratified random sampling dengan responden petani karet di Kecamatan Talang Ubi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara langsung kepada responden dengan menggunakan alat bantu berupa daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan sebelumnya. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Jumlah responden pada penelitian ini ada 54 petani.Dari hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik petani yang menjual karet kering dipengaruhi oleh pendidikan, harga jual, jumlah anggota keluarga dan pendapatan, sedangkan petani karet basah dipengaruhi oleh umur dan luas lahan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata pendapatan petani karet kering dalam berusahatani karet yaitu Rp. 12.135.160/lg/bln dan rata-rata pendapatan petani karet basah yaitu Rp. 9.859.225/lg/bln. Dan faktor yang mempengaruhi petani lebih memilih menjual karet kering dibandingkan karet basah adalah karena harga jual karet kering yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rahmat Kurniawan, S.P., M.Si 2. Innike Abdillah Fahmi, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Karakteristik,Pendapatan Petani,dan faktor yang mempengaruhi
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:39
Last Modified: 03 Jun 2021 04:39
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.