TINDAK PIDANA CONTEMPT OF COURT DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA

PRANA APRIANSYAH, NIM. 502016260 (2021) TINDAK PIDANA CONTEMPT OF COURT DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016260_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
502016260_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)

Abstract

ABSTRAK TINDAK PIDANA CONTEMPT OF COURT DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA DI INDONESIA Oleh: Prana Apriansyah Skripsi ini berjudul Tindak Pidana Contempt of Court Dalam Sistem Peradilan Pidana di Indonesia, membahas mengenai Tindak Pidana Contempt of Court yang menjadi persoalan tersendiri dalam sistem peradilan di Indonesia, yang di mana pada masa sekarang masih belum ada pengaturan mengenai Contempt of Court ini secara luas. Walaupun Contempt of Court sendiri baru dikenal di Indonesia pada Tahun 1985 yang di mana Tindak Pidana Contempt of Court ini merupakan Tindak Pidana yang melakukan penghinaan terhadap Peradilan maupun dalam persidangan. Perbuatan pidana yang dapat merusak harkat martabat Peradilan ini perlu untuk ditindak. Adapun sebagaimana rumusan permasalahan yang diangkat yaitu Apakah Bentuk-Bentuk Tindak Pidana Contempt of Court Menurut Hukum Pidana Indonesia dan Bagaimana Penegakan Hukum Pidana Terhadap Tindak Pidana Contempt of Court di Indonesia. Dengan menggunakan Metode Penelitian Hukum Normatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mencari kebenaran berdasarkan logika keilmuan. Berdasarkan hasil yang didapatkan dapat dikatakan bahwa bentuk-bentuk Contempt of Court dapat diklasifikasikan dalam beberapa bentuk, yaitu Sub Judice Rule, Misbehaving Court, Disobeying a Court Order, Scandalizing the Court. Adapun Penegakan Hukum Pidana terhadap Perbuatan Pidana Contempt of Court masih tidak ada pengaturannya sampai sekarang. Akan tetapi, dalam KUHP telah mengatur mengenai perbuatan yang menghina atau melakukan tindakan yang melemahkan harkat martabat Peradilan. Kata Kunci : Contempt of Court, Sistem Peradilan Pidana, Tindak Pidana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yudistira Rusyidi, SH., M.Hum Pembimbing II : Hj. Susiana Kifli, SH., MH.
Uncontrolled Keywords: Contempt of Court, Sistem Peradilan Pidana, Tindak Pidana
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:13
Last Modified: 13 Jul 2021 06:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16577

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.