TANGGUNGJAWAB PIDANA DAN KEWENANGAN DISHUB TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KENDARAAN TIDAK LAYAK JALAN

TRI DINDA APRILIA, NIM : 502017293 (2021) TANGGUNGJAWAB PIDANA DAN KEWENANGAN DISHUB TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KENDARAAN TIDAK LAYAK JALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017293_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (900kB) | Preview
[img] Text
502017293_BAB II_SAMPAI BAB_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

ABSTRAK TANGGUNG JAWAB PIDANA DAN KEWENANGAN DISHUB TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KENDARAAN TIDAK LAYAK JALAN TRI DINDA APRILIA TanggungJawab pidana atas pelanggaran pemberian izin KIR oleh petugas Dinas Perhubungan (DISHUB) diberikan sanksi administratif dan dicabutnya sertifikat kompetensi dan tanda kualifikasi teknis penguji kendaraan. Kewenangan Dinas Perhubungan terhadap kendaraan tidak layak jalan juga melakukan penyidikan terhadap pelanggaran perizinan angkutan umum. Tujuan penelitian ini untuk menganalisi dan menjelaskan penerapan Tanggungjawab dan kewenangan Dinas Perhubungan (DISHUB) terhadap kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan tidak layak jalan. Adapun jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini tergolong penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan hasil penelitian, yakni bahan hukum yang didapat dari keterangan atau kejelasan yang diperoleh langsung dari Dinas Perhubungan (DISHUB) Kota Palembang. Berdasarkan penelitian ini, Tanggung jawab Pidana Dinas Perhubungan (DISHUB) terhadap kecelakaan lalu lintas akibat kendaraan tidak layak jalan adalah mendapatkannya sanksi dan dapat dijatuhi hukuman berupa dicabutnya sertifikat kompetensi dan tanda kualifikasi teknis penguji kendaraan. Kewenangan Dinas Perhubungan (DISHUB) terhadap kendaraan tidak layak jalan yaitu memberikan izin uji berkala atau KIR. Dinas Perhubungan juga mempunyai wewenang terhadap kendaraan tidak layak jalan dengan melakukan penyidikan terhadap pelanggaran perizinan angkutan umum, persyaratan teknis dan kelayakan jalan Kendaraan yang memerlukan keahlian dan/atau peralatan khusus yang dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Khalisah Hayatuddin, SH., M.Hum 2. M. Sholeh Idrus SH., MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Tanggungjawab pidana, kewenangan, Dishub, kecelakaan lalu lintas, kendaraaan tidak layak jalan.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 28 Jun 2021 04:17
Last Modified: 28 Jun 2021 04:17
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16573

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.