STUDI POLA TANAM DAN PENDAPATAN USAHATANI PALAWIJA DI DESA BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

M. EKA PRASETYA. NH, 412015072 (2021) STUDI POLA TANAM DAN PENDAPATAN USAHATANI PALAWIJA DI DESA BUMI AGUNG KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412015072 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB) | Preview
[img] Text
412015072 BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

ABSTRAK M. EKA PRASETYA NH. Studi Pola Tanam Dan Pendapatan Usahatani Palawija Di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (Dibimbing oleh RAHMAT KURNIAWAN dan SISVABERTI AFRIAYATNA). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pola tanam usahatani palawija yang dilakukan petani serta untuk mengetahui berapa pendapatan usahatani palawija dari pola tanam yang diterapkannya di Desa Bumi Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Bumi Agung pada bulan November sampai dengan Januari 2021. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sedangkan metode penarikan contoh yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis Kualitatif Dan Analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa di desa bumi agung kecamatan lempuing kabupaten ogan komering ilir. Bahwa pola tanam yang digunakan oleh petani dalam mengusahakan usahatani palawija di antaranya jagung,kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai. yaitu menggunakan pola tanam polikultur dimana dalam mengusahakannya petani menanam tanaman lebih dari satu komoditi yang berbeda seperti jagung dan kacang Tanah, kacang tanah, kacang hijau. Kacang tanah, kacang hijau. jagung, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai. dalam satu lahan yang sama dengan pengaturan pola tanam dalam waktu periode tertentu. Sedangkan dalam penelitian ini petani palawija memperoleh pendapatan rata-rata sebesar Rp 4.230.000. Adapun hasil kombinasi yang diterapkan di desa bumi agung yang pendapatan maksimum dari berbagai kombinasi yaitu pada kombinasi jagung – kacang tanah – kacang hijau. Dimana pendapatanya sebesar 1.920 Kg/Lg dan pendapantan 12.000 Kg/Ha. Sebagaimana di setiap komoditi memiliki luas lahan 0.166 Ha dengan penghasilan jumlah produksi 1.450 Kg jagung, 0.166 Ha kacang tanah 350 Kg, dan 0.166 kacang hijau 120 Kg. Yang berarti bahwa di desa bumi agung semua lahan yang dipakai untuk kegiatan usahatani palawija seperti jagung, kacang tanah, kacang hijau. Yang di setiap lahan memiliki luas lahan 0.166 dapat menghasilkan pendapatan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rahmat Kurniawan, SP.,M.Si 2. Sisvaberti Afriyatna, SP.,M.Si
Uncontrolled Keywords: kata Kunci :Pola Tanam, Pendapatan dan usahatani Palawija
Subjects: Agribisnis > tanaman ladang dan perkebunan
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:33
Last Modified: 03 Jun 2021 03:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.