PENEGAKAN SANKSI PIDANA BAGI PELAKU USAHA KOSMETIK ILEGAL YANG MENCANTUMKAN NOMOR IZIN EDAR PALSU BPOM PALEMBANG

REZKY MAHARANI, NIM. 502017279 (2021) PENEGAKAN SANKSI PIDANA BAGI PELAKU USAHA KOSMETIK ILEGAL YANG MENCANTUMKAN NOMOR IZIN EDAR PALSU BPOM PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017285_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
502017285_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)

Abstract

Tindakan pelaku usaha produksi kosmetik illegal yang mencantumkan nomor izin edar palsu BPOM yang dilakukan oleh oknum-oknum baik yang mengetahui maupun tidak mengetahui bahwa perbuatan tersebut merupakan suatu tindak pidana. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palembang, yakni di Polrestabes dan BPOM Kota Palembang dengan menggunakan metode penelitian empiris. Penelitian ini membahas permasalahan mengenai Bagaimana Penegakan Sanksi Pidana bagi pelaku usaha kosmetik illegal yang mencantumkan nomor izin edar palsu BPOM dan Faktor-faktor apa yang menghambat penegakan hukum pidana terhadap pelaku kosmetik ilegak yang mencantumkan nomor izin edar BPOM palsu. Jenis bahan hukum dalam penelitian ini merupakan bahan hukum yang bersifat primer, sekunder dan tersier. Setelah semua data terkumpul, data tersebut diolah dan dianalisis secara kualitatif dan selanjutnya disajikan secara deskriptif yaitu mencari dan mengumpulkan data yang ada hubungannya dengan obyek dan permasalahan yang diteliti.Berdasarkan hasil penelitian di BPOM Kota Palembang didapatkan faktor penghambat yaitu belum optimalnya dari segi faktor apparat penegak hukum, faktor sarana dan prasarana serta faktor masyarakat. Hasil penelitian di Polrestabes Kota Palembang bahwa penegakan sanksi pidana bagi pelaku usaha kosmetik illegal dibebankan kepada pelaku apabila yang bersangkutan telah terbukti melakukan suatu tindak pidana terlebih dahulu dan memenuhi unsur kesalahan serta tidak adanya alasan yang meringankan atau menghapus tindak pidana yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Sri Sulastri, S.H., M.Hum. 2. Eni Suarti, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Sanksi Pidana, Kosmetik Ilegal, Tindak Pidana Pelaku Usaha Kosmetik Ilegal
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 05 Jun 2021 03:18
Last Modified: 05 Jun 2021 03:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/16554

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.